Sukses

Cerita Lucu Bek Asing Arema FC Belajar Bahasa Indonesia

Arthur Cunha membela Arema FC sejak 2016. Dia mengaku kerap dikerjai rekan setim saat belajar Bahasa Indonesia.

Liputan6.com, Malang - Bek Arema FC asal Brasil Arthur Cunha punya cerita lucu saat belajar Bahasa Indonesia. Cunha mengatakan rekan setimnya kerap membuat bingung soal perbedaan kalimat tanya 'jam berapa' dengan 'berapa jam'.

"Teman-teman kadang tertawa saat saya tanya jam berapa dan berapa jam mereka koreksi saya terus, setelah itu saya mulai omong benar," ujar Arthur.

Cerita itu dibagikan Arthur kepada para wartawan dalam momen Nongkrong Bareng Aremania yang digagas Shopee selaku sponsor Liga 1. Arthur sendiri bercerita dalam bahasa Indonesia yang cukup lancar.

Ya, meski kesulitan di awal, Arthur mengaku hanya perlu waktu tujuh bulan untuk menguasai bahasa Indonesia. Bek bernomor punggung 44 itu pun mengaku hanya belajar dari rekan-rekan setimnya saat masih membela Mitra Kukar.

Arthur membela klub berjuluk Naga Mekes tersebut hingga 2016. Ia lalu pindah dan memperkuat Arema FC sampai saat ini.

Di Mitra Kukar, Arthur berjasa mempersembahkan trofi Piala Jenderal Sudirman. Namun siapa sangka, Arthur mengaku awalnya ia tak berniat berkarier di Indonesia.

"Pertama saya kali indonesia cuma untuk tiga bulan. Sebelum itu saya tidak pikir main di sini. Setelah tiga bulan perpanjang kontrak di Mitra," kata pemain Arema FC berusia 29 tahun tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Jauh Berbeda dari Brasil

Arthur mengaku kerasan bermain di Indonesia. Pasalnya, kondisi di Tanah Air tidak terlalu berbeda dengan Brasil, terutama soal cuaca.

Itu pula yang membuatnya enggan berpindah ke negara lain. Lagipula, kata Arthur, ia harus kembali beradaptasi jika pindah ke negara lainnya.

Hal tersebut juga yang membuatnya hanya pernah membela dua klub meski terhitung sudah lama berkarier di Indonesia.

"Susah di sepak bola kamu cocok sama satu tim atau kota. Kalau kamu pindah, harus adaptasi, jadi kalau saya senang untuk apa saya pindah," katanya.

3 dari 3 halaman

Berlangsung Meriah

Acara Nongkrong Bareng Aremania itu sendiri berlangsung meriah. Aremania yang hadir antusias menyapa para idola mereka.

Tak hanya itu, berbagai games dengan hadiah menarik pun menambah semarak acara yang baru pertama digagas tersebut.

"Kegiatan ini kami tujuh sebagai pertemuan interaktif untuk dapat mengenal lebih jauh antara para pemain Arema FC dengan Aremania melalui program menarik," kata Country Brand Manager Shopee, Rezki Yanuar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.