Fakta di Balik Klub Liga Spanyol Gunakan Logo Mahkota dan Nama Real

Oleh Faozan Tri Nugroho pada 08 Nov 2019, 19:45 WIB
Logo Real Madrid

Madrid - Nama klub sepak bola di Indonesia mayoritas berawalan huruf P. Ya, banyak klub mulai dari kasta tertinggi hingga kasta terendah ada klub yang berawal huruf P.

Beberapa contoh klub yang berawalan huruf P ialah Persebaya, Persija, Persib, PSS, PSIM hingga Persis. Sementara di Inggris, beberapa klub terdapat kata United dan City.

Klub yang mempunyai kata united ialah Manchester United, Newcastle United, hingga Sheffield United. Sedangkan tim yang memiliki kata City antara lain Manchester City, Leicester City, dan Norwich City.

Kemudian klub-klub yang berawalan Real dikenal berasal dari Liga Spanyol. Konon, kata Real di klub-klub Spanyol tidak sembarangan dicomot begitu saja.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, penamaan Real di depan nama kesebelasan Spanyol harus mendapatkan persetujuan dari pihak-pihak tertentu. Kata Real merupakan sebuah penghargaan yang diberikan kerajaan Spanyol kepada klub-klub seperti Real Madrid, Real Betis, Real Mallorca, Real Zaragoza, Real Sociedad, hingga Real Valladolid.

Meskipun Real Madrid menjadi klub Liga Spanyol yang paling besar dan sukses, tim yang bermarkas di Santiago Barnebeu itu bukanlah yang pertama mendapatkan gelar Real dari raja Spanyol saat itu, yakni Raja Alfonso XIII.

Klub Liga Spanyol pertama yang mendapatkan nama 'Real' adalah Real Betis. Enam tahun kemudian barulah Real Madrid dapat jatah serupa, tepatnya pada 1920.

2 of 2

Latar Belakang Politik

Barcelona, Jersey Khusus
Polisi melintasi logo Barcelona dengan pita hitam saat berjaga di areal stadion pada laga Barcelona melawan Real Betis di Camp Nou stadium, (20/8/2017). Barcelona menang 2-0. (AFP/Lluis Gene)

Selain itu, klub yang namanya mengandung kata 'Real' biasanya memiliki mahkota di tas logo tim tersebut. Namun, seiring dengan pembubaran monarki pada 1931, simbol-simbol kerajaan seperti kata Real dan mahkota sempat menghilang sementara waktu.

Kemudian pada 1941, nama Real dan mahkota bisa kembali digunakan yang berlaku hingga sekarang. Terus bagaimana dengan klub-klub Spanyol yang tidak memiliki nama depan Real dan mahkota?

Tak semua klub Spanyol mempunyai dua simbol tersebut. Klub-klub seperti Barcelona dan Athletic Bilbao menjadi contoh jelas tim yang tidak memiliki nama Real dan mahkota.

Konon, latar belakang politik menjadi alasan utama kenapa Barcelona dan Athletic Bilbao tak mau menggunakan kata Real. El Barca bisa dikatakan simbol perlawanan dari Catalan.

Sedangkan Athletic Bilbao merupakan perwakilan dari Basque yang dikenal tak punya hubungan baik dengan pemerintah pusat. Itulah beberapa alasan mengapa klub Spanyol mempunyai nama depan Real dan mahkota di atas logo.

Disadur dari Bola.com (Faozan Tri Nugroho/Yus Mei Sawitri, published 8/11/2019)

 

Lanjutkan Membaca ↓