Prediksi Arema FC Vs Madura United: Duel Tim Terluka

Oleh Aditya WanyIwan Setiawan pada 08 Nov 2019, 10:55 WIB
Arema FC Vs Madura United

Malang - Arema FC menjamu Madura United dalam laga pekan ke-27 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Kanjuruhan Malang, Jumat (8/11/2019). Dalam pertandingan ini, Singo Edan bertekad untuk meraih kemenangan demi memangkas jarak dengan Madura United yang berada di peringkat kedua dalam klasemen sementara Liga 1 2019, di mana saat ini terpaut enam poin.

Arema FC sebenarnya dalam kondisi tidak terlalu bagus. Singo Edan baru saja takluk dari tim papan bawah Perseru Badak Lampung FC pada pertandingan terakhir. Kekalahan 3-4 di Bandar Lampung itu bahkan berbuah kritik pedas dari Aremania.

Namun, di satu sisi Madura United juga baru saja kalah 0-2 di kandangnya sendiri saat menjamu Persipura Jayapura. Namun, hasil buruk kedua tim di laga terakhir itu yang akan memanaskan pertandingan kali ini, di mana kedua tim dipastikan bakal sama-sama mencari poin yang hilang di pertandingan ini demi tetap bersaing di papan atas. 

“Kami akui kekalahan di kandang Badak Lampung memang menyakitkan. Namun, ketika menghadapi Madura United, pemain berusaha tetap fokus dan menikmati pertandingan. Tidak ada beban agar bisa bermain sebaik mungkin untuk mendapat kemenangan," kata striker Arema, Ahmad Nur Hardianto.

Dari teknis persiapan tim, pelatih Arema FC, Milomir Seslija, sudah melakukan evaluasi. Meski masih tak bisa menurunkan Dedik Setiadan dan Sylvano Comvalius karena cedera, serta M. Rafli dan Hanif Sjahbandi yang dipanggil ke Timnas Indonesia U-22, Milo merasa sudah terbiasa dihadapkan dengan kondisi ini.

“Masalah seperti ini dihadapi banyak tim di Indonesia. Namun, saya percaya dengan kemampuan pemain yang ada. Kami akan berusaha mendapatkan momentum untuk tren positif lagi. Jika momentum itu didapat, tidak ada yang bisa menghentikan kami,” tegas Milo.

“Semua tim di Indonesia mengalami fase naik dan turun dalam hal performa. Pengaruh jadwal padat, pemain absen dan sebagainya. Sekali lagi, kami ingin menemukan momen untuk kembali ke jalur yang benar,” jelas mantan pelatih Persiba Balikpapan ini.  

Terkait kekuatan lawan, Milo melihat Madura United juga mengalami hal yang sama dari masalah absen pemain. Beberapa pemain kunci seperti Alexsandar Rakic dan Syahrian Abimanyu. Sementara Beto Goncalves dan Diego Assis masih dinanti perkembangan pemulihan cederanya.

“Saya tetap respek dengan Madura United. Mereka tim yang dalam 4-5 tahun terakhir berada di papan atas. Meski mengalami masalah beberapa pemain absen, mereka masih punya pemain dengan individu yang bagus. Seperti Greg Nwokolo, Andika Rama dan yang lain. Jadi kami tetap waspada,” sambung pelatih Arema FC itu.

 

2 of 3

Madura United Pincang

Arema FC Vs Madura United - Head to Head Pemain
Shopee Liga 1 - Arema FC Vs Madura United - Head to Head Pemain (Bola.com/Adreanus Titus)

Madura United datang ke markas Arema FC dengan kondisi pincang. Tim asuhan Rasiman itu terpaksa bermain tanpa Aleksandar Rakic yang terkena akumulasi kartu, sementara striker Beto Goncalves dan gelandang Diego Assis mengalami cedera.

Padahal tiga pemain itu punya peran penting bagi lini serangan Laskar Sape Kerap. Diego adalah pengatur serangan, sementara Rakic dan Beto ada ujung tombak sekaligus mesin gol Madura United.

Tiga pemain itu dipastikan tidak dibawa dalam lawatan ini. Namun, pelatih Madura United, Rasiman, tetap berharap satu dari mereka bisa sembuh dan menyusul timnya ke Malang pada hari pertandingan.

“Jika boleh berharap, dia bisa sembuh segera dan 100 persen pulih. Jadi, bisa bantu tim lawan Arema FC nanti. Tapi, kalau belum sembuh, tidak akan kami paksakan,” kata pelatih berusia 44 tahun itu.

Sebagai pengganti, Rasiman kemungkinan bakal mengandalkan Slamet Nurcahyo mengisi posisi gelandang serang. Striker yang tersisa hanya Greg Nwokolo yang selama ini kerap diturunkan sebagai penyerang sayap.

Selain itu, bek kanan Marckho Meraudje juga terpaksa ditinggal karena pekan lalu mendapat kartu merah saat melawan Persipura Jayapura (3/11/2019). Sebagai pengganti masih ada Alfaath Faathier dan Andik Rendika.

Klub asal Pulau Garam itu sebenarnya datang dengan status runner-up dan masih dalam jalur perebutan juara. Namun, Rasiman justru memilih untuk memuji Arema yang dinilai diunggulkan dan memiliki sejarah di kompetisi tanah air.

“Arema adalah tim besar. Setiap musim, mereka selalu menjadi tim yang sangat disegani. Selain itu, Arema pun pernah bermain di Liga Champions Asia. Artinya, Arema adalah tim yang sangat layak mendapat respek dari semua tim di Indonesia,” ucap Rasiman.

Pelatih asal Banjarnegara itu mengirim perang urat saraf, membandingkan kekuatan timnya dengan Arema. Dia merasa inferior seolah Arema sudah layak untuk memenangi pertandingan ini karena timnya juga dalam kondisi compang-camping.

"Kami masih dalam proses membangun tradisi seperti Arema, dengan segala raihannya selama ini. Arema hanya mengubah satu dua pemain asing saja. Arema adalah tim solid. Kami menyiapkan tim untuk menghadapi pertandingan lawan Arema,” ucapnya.

 

3 of 3

Prakiraan Susunan Pemain

Arema FC (4-2-1-3): Kartika Ajie (kiper); Alfin Tuasalamony, Arthur Cunha, Hamka Hamzah, Ahmad Alfarizi (belakang); Hendro Siswanto, Jayus Hariono; Makan Konate (tengah); Dendi Santoso, Nur Hardianto, Ricky Kayame (depan). 

Pelatih: Milomir Seslija.

Madura United (4-3-3): Ridho Djazulie (kiper); Alfath Faathier, Jaimerson Xavier, Ante Bakmaz, Andik Rendika (belakang); Asep Berlian, Zulfiandi, Slamet Nurcahyo (tengah); David Laly, Greg Nwokolo, Andik Vermansah (depan)

Pelatih: Rasiman

Disadur dari Bola.com (Aditya Wany/Iwan Setiawan/Benediktus Gerendo P., published 8/11/2019)

Lanjutkan Membaca ↓