Bayern Munchen Bisa Lirik 3 Sosok Ini untuk Gantikan Niko Kovac

Oleh Luthfie Febrianto pada 04 Nov 2019, 19:00 WIB
Diperbarui 04 Nov 2019, 19:16 WIB
Niko Kovac

Liputan6.com, Munich - Bayern Munchen akhirnya memutuskan mendepak pelatih Niko Kovac, Minggu (3/11/2019). Pemecatan ini diambil menyusul kekalahan memalukan FC Hollywood di ajang Bundesliga sehari sebelumnya.

Kovac diberhentikan 24 jam setelah Munchen kalah 1-5 dari Eintracht Frankfurt. Hasil negatif ini merupakan yang kedua bagi Munchen di Bundesliga 2019/2020 atau yang terbesar dalam 10 tahun terakhir.

Akibat kalah dari Frankfurt, Munchen terpuruk di posisi empat klasemen sementara Bundesliga. Kingsley Coman dan kawan-kawan tertinggal empat poin dari pemuncak klasemen Borussia Monchengladbach.

Kovac mulai menukangi Bayern Munchen sejak Juli 2018. musim lalu, pria 48 tahun itu sukses memberikan dua gelar domestik yakni Bundesliga dan DFL Pokal.

Bursa pengganti Kovac pun mulai bermunculan di media. Berikut tiga nama yang diberitakan punya kans menggantikan Kovac di Bayern Munchen:

2 of 4

1. Massimiliano Allegri

Pengganti Solskjaer di Manchester United
Massimiliano Allegri (AP/Marco Bertorello)

Allegri saat ini masih menganggur usai mundur dari Juventus akhir musim lalu. Pencapaiannya bersama Bianconeri -julukan Juventus- cukup menjadi salah satu pertimbangan manajemen Munchen.

Ya, FC Hollywood -julukan Munchen- tentu tak bisa menunjuk pelatih sembarangan untuk menukangi Thomas Muller dkk. Reputasi klub sebagai salah satu raksasa Eropa bisa menjadi taruhannya.

Allegri menukangi Juventus dari Juli 2014 hingga Mei 2019. Dalam waktu lima tahun, ia mempersembahkan 5 trofi Liga Italia, 4 trofi Coppa Italia, dan 2 Piala Super Italia.

Allegri juga berjasa mengantar Juventus ke final Liga Champions dua kali. Sayang, ia gagal di dua kesempatan itu.

3 of 4

2. Arsene Wenger

Pengganti Solskjaer di Manchester United
Arsene Wenger (AFP/Paul Ellis)

Arsene Wenger saat ini juga masih menganggur usai mundur dari Arsenal. Wenger lebih banyak mengisi waktu dengan menjadi komentator di sejumlah stasiun televisi.

Isu ketertarikan Munchen kepada Wenger sejatinya bukan hal baru. Wenger sendiri beberapa kali tak menampik pernah didekati Munchen.

Namun manajer asal Prancis itu lebih memilih setia dengan Arsenal hingga akhir musim lalu. Di sana, manajer berjuluk The Professor itu telah mengabdi sejak 1996.

Selama di Arsenal, Wenger berjasa memberikan berbagai trofi domestik. Namun yang paling dikenang barangkali adalah keberhasilan juara Liga Inggris tanpa terkalahkan.

4 of 4

3. Jose Mourinho

Gaya Mourinho Bersama Trofi Liga Europa
Jose Mourinho (AP Photo)

Karier manajerial Mourinho dalam beberapa musim kurang cemerlang. Usai dipecat Chelsea, ia didepak Manchester United pertengahan musim lalu.

Namun demikian, hal itu tak melunturkan reputasi Mourinho sebagai salah satu manajer terbaik di Eropa. Namanya tetap harum di antara klub-klub Benua Biru.

Terkini, ia malah dikaitkan dengan Arsenal. Meriam London disebut-sebut sudah kehabisan kesabaran dengan Unai Emery.

Salah satu petinggi klub, Raul Sanllehi disebut telah makan malam bersama dengan Mourinho membahas kans untuk menggantikan Emery.

Oleh karena itu, Munchen harus bergerak cepat jika menginginkan jasa Mourinho.

Lanjutkan Membaca ↓