Sukses

Merugikan, Bek Chelsea Ingin VAR Dihapus dari Liga Inggris

Sebab itu, Azpilicueta berharap Liga Inggris harus memperbaiki penggunaan VAR. Bagi Azpilicueta, kesalahan wasit merupakan hal lumrah.

Liputan6.com, London - Cesar Azpilicueta berharap Liga Inggris tak lagi memakai teknologi VAR musim depan. Bek Chelsea itu menilai VAR terlalu sering membuat kontroversi musim ini.

Teranyar, VAR kembali 'beraksi' pada kasus offside ketiak Roberto Firmino, pelanggaran Jorginho pada Gerrard Deulofeu di kotak penalti, kasus Son Heung-Min, dan sejumlah kesalahan lainnya.

VAR seharusnya membantu wasit menciptakan keputusan yang lebih adil, tapi yang terjadi justru sebaliknya. Ada banyak keputusan-keputusan janggal, sebagian besar karena wasit utama tidak melihat tayangan ulang langsung.

Sebab itu, Azpilicueta berharap Liga Inggris harus memperbaiki penggunaan VAR. Bagi Azpilicueta, kesalahan wasit merupakan hal lumrah.

"Kami melewati banyak pertemuan tentang VAR. Ada layar di lapangan yang seharusnya bisa dilihat wasit dan untuk memahami mengapa dia tidak meniup peluit untuk pelanggaran di kotak penalti," tutur Azpilicueta kepada Goal internasional.

"Kami tidak menggunakan sistem itu dengan benar, yang seharusnya bisa membantu wasit membuat keputusan. Mereka manusia, sama seperti pemain,"  kata pemain yang berkarier di Liga Inggris sejak tahun 2012 itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Membantu

Bukti video tidak banyak membantu wasit membuat keputusan objektif, ada perdebatan kuat tentang kategori pelanggaran yang layak mendorong penggunaan VAR. Juga, ada aturan handball baru, penentuan offside pun tidak bisa akurat karena posisi kamera.

"Kita semua bisa membuat kesalahan, tapi mengapa tidak menggunakan keseluruhan sistem itu dengan benar [wasit melihat langsung]? Itulah satu kekhawatiran utama saya pada kasus-kasus ini," ujar Azpi.

"Terkadang VAR sulit dipahami. Saya sendiri bakal merasa sangat kecewa ketika gol saya dianulir VAR sekitar 10 detik setelah menjebol gawang lawan."

Sumber: Goal

Disadur dari: Bola.net (Penulis Richard Andreas, published 4/11/2019)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • VAR

  • Bola.net