Sukses

Tribut untuk Afridza Munandar, Pembalap Moto3 Jepang Ganti Helm Merah Putih

Pembalap Honda Team Asia asal Jepang, Ai Ogura, mempersembahkan tribut untuk mendiang Afridza Munandar dengan mengganti helm.

Liputan6.com, Sepang - Pembalap Honda Team Asia asal Jepang, Ai Ogura, mempersembahkan tribut untuk mendiang Afridza Munandar dengan mengganti helm berbendera merah putih khas Indonesia setelah finis di urutan keempat balapan Moto3 Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu (3/11/2019).

Start dari posisi ke-14, Ai Ogura mampu finis di urutan keempat. Dalam momen setelah finis, dia berhenti di tikungan pertama dan kedua untuk melakukan tribut untuk Afridza Munandar.

Ai Ogura mengganti helm balapnya dengan helm milik Afridza Munandar, yang terdapat bendera merah putih di balik penutup wajahnya. Ogura dan Afridza diketahui pembalap yang sama-sama berasal dari binaan Honda.

Sebelum balapan Moto3 di Sirkuit Sepang, upacara mengheningkan cipta dan penghormatan terakhir diberikan seluruh pembalap, termasuk dari Moto3, Moto2, dan MotoGP dengan berbaris di starting grid. Valentino Rossi dan Marc Marquez juga tampak dalam barisan itu.

Pihak penyelenggara MotoGP Malaysia kembali menyampaikan rasa duka cita yang mendalam kepada keluarga dan orang-orang terdekat yang ditinggalkan Afridza Munandar. ATC memutuskan memensiunkan nomor 4 milik Afridza Munandar sebagai bentuk penghormatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengheningkan Cipta

Selain itu, pihak penyelenggara juga mengajak para penonton MotoGP Malaysia untuk ikut mengheningkan cipta. Motor bernomor empat dan helm replika yang digunakan Afridza Munandar ikut dipajang bersama poster dengan gambar muka pembalap kelahira Tasikmalaya itu.

Afrdiza Munandar merupakan pembalap yang menonjol di musim 2019 ATC, meraih dua kemenangan, dua tempat kedua dan dua finis di tempat ketiga dalam satu musim yang membuatnya siap bertarung untuk gelar juara akhir pekan ini.

 

3 dari 3 halaman

Tak Tertolong

Insiden kecelakaan yang menimpa pembalap bernama lengkap Afridza Syach Munandar ini terjadi di tikungan 10 di Lap 1 Sirkuit Sepang, Race 1 ATC 2019, Sabtu (2/11/2019). Dia sempat mendapat pertolongan medis dan dibawa dengan helikopter ke Rumah Sakit Kuala Lumpur, tapi nyawanya tak tertolong lagi.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.