Sukses

Afridza Munandar, Pembalap Muda Indonesia Meninggal di ATC Sepang

Afridza Munandar meninggal setelah kecelakaan pada tikungan 10 putaran pertama balapan di Sepang. Menyusul kecelakaan, petugas langsung mengibarkan bendera merah.

Liputan6.com, Sepang - Pembalap muda berbakat Indonesia Afridza Munandar meninggal dunia setelah terlibat kecelakaan pada ajang Asia Talent Cup (ATC) 2019 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Sabtu (2/11/2019).

Insiden terjadi pada tikungan 10 putaran pertama di Race 1. Menyusul kecelakaan, petugas langsung mengibarkan bendera merah.

Pebalap berusia 20 tahun itu menerima tindakan medis di sisi trek sebelum diterbangkan ke Rumah Sakit Kuala Lumpur menggunakan helikopter. Afridza Munandar dinyatakan meninggal tak lama setelah itu.

"Dengan berat hati kami menginformasikan kepergian Afridza Munandar yang terlibat insiden dalam Race 1 Idemitsu Asia Talent Cup di Sepang. Kami ingin menyampaikan belasungkawa kepada keluarga dan teman-teman Afridza," demikian cuitan Asia Talent Cup di Twitter.

Afridza Munandar tampil cemerlang pada IATC 2019. Dia masing-masing membukukan dua kemenangan di peringkat pertama, kedua, dan ketiga.

Saksikan Video Terkait Afridza Munandar di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Peluang Jadi Juara

Catatan tersebut membuatnya berpeluang menjadi juara musim ini. Sebelum balapan di Sepang, dia menempati peringkat tiga dengan koleksi 142 angka.

Dia hanya tertinggal di belakang Takuma Matsuyama (169) dan Sho Nishimura (157).

3 dari 5 halaman

Sudah Tiga Kali Menang

Afridza terhitung telah mengoleksi tujuh podium, yang tiga di antaranya merupakan kemenangan, sementara sisanya adalah dua kali finis kedua dan dua kali finis ketiga.

Menjelang pekan balap di Sepang, Afridza duduk di peringkat ketiga pada klasemen pebalap dengan 142 poin, tertinggal 27 poin saja dari rider asal Jepang, Takuma Matsuyama yang ada di puncak.

Rider yang juga lulusan Astra Honda Racing School (AHRS) ini juga pernah turun di ajang balap ketahanan motor, Suzuka 4 Hours di Jepang pada Juli lalu.

4 dari 5 halaman

Juga Berprestasi di Dalam Negeri

Afridza juga dikenal berprestasi di ajang-ajang balap dalam negeri. Ia merupakan salah satu rider yang paling mencolok dalam Kejuaraan Nasional Oneprix Indonesia Motoprix 2019 dengan membela Astra Motor Racing Team (ART) Yogyakarta.

Pada klasemen pebalap Oneprix, Afridza ada di puncak klasemen pebalap dengan 107 poin, dengan dua kemenangan yang ia raih masing-masing di Tasikmalaya dan Sentul. Ia sejatinya masih harus turun di Seri Surabaya pada 10 November nanti.

5 dari 5 halaman

Prestasi Afridza Munandar

2013: Juara umum Jawa Barat MP5 dan Juara umum MP6

2014 Juara umum II Kejurnas MP kelas MP5 dan MP6

2015: Juara Kejurnas MP Seri V kelas MP3

2016: Medali perak PON Jawa Barat

2017: Juara nasional MP3 dan MP4

2018: Peringkat 10 Asia Talent Cup

2019: Peringkat 3 Asia Talent Cup (musim masih berjalan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.