Sukses

5 Kostum Klub Bola Indonesia yang Mirip Tim Eropa

Ada beberapa klub sepak bola Indonesia yang memiliki kostum seperti klub Eropa.

Jakarta - Klub sepak bola elite Inggris Manchester United (MU) kabarnya akan merilis jersey khusus imlek pada 2020. Desain kostum tersebut sudah ramai dibicarakan sejak Jumat (1/11/2019).

Desain jersey MU edisi Imlek tersebut memang cukup unik. Warna dasar merah terlihat menarik kala dipadupadankan dengan corak naga yang hampir ada di setiap detil sisinya.

Sependek penelusuran Bola.com, desain semacam ini belum pernah digunakan oleh klub sepak bola manapun. Meski demikian, kemiripan perkara desain jersey memang kerap terjadi di dunia sepak bola.

Apalagi di Indonesia. Desain jersey beberapa klub Tanah Air terkadang terlihat hampir mirip dengan klub Eropa.

Misalnya saja jersey PSM Makasar pada musim 2018/2019. Kit kebanggan dengan warga marun elegan itu disebut terinspirasi dari jersey West Ham United pada tahun 1999.

Bedanya, jersey milik West Ham United menggunakan warna biru sebagai garis di bagian kerah dan lengan. Sementara desainer jersey PSM Makassar lebih suka menggunakan warna emas sebagai dalam detil garisnya.

Bukan hanya PSM Makassar, Bola.com juga telah merangkum 5 klub sepak bola Indonesia yang memiliki desain jersey hampir sama dengan klub Eropa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Persipura Jayapura dan AC Milan

Desain jersey milik klub Persipura pada musim 2013/2014 mengingatkan pencinta sepak bola dunia pada jersey AC Milan. Keduanya sama-sama mengusung garis hitam merah yang didesain secara vertikal.

3 dari 6 halaman

2. PSM Makassar dan Ajax Amsterdam

Lagi-lagi PSM Makassar memiliki desain jersey yang sama dengan salah satu klub asal Eropa. Pada tahun 2016, PSM Makassar berlaga dengan jersey kombinasi warna merah-putih.

Jersey tersebut sangat mirip dengan penampakan kit kandang Ajax Amsterdam musim 2016/2017. Bedanya, PSM Makassar tidak mengadopsi kerah seperti yang dilakukan Ajax.

4 dari 6 halaman

3. Persib Bandung dan Lazio

Kemiripan jersey juga terjadi antara Lazio dengan Persib Bandung. Desain jersey Persib pada tahun 2015 disebut mirip dengan desain kostum Lazio pada musim 2013/2014.

Keduanya sama-sama menggunakan warna dasar biru navy dengan garis-garis biru muda.

5 dari 6 halaman

4. Arema FC dan Parma

Klub asal Jawa timur, Arema FC, juga pernah memiliki jersey dengan desain mirip klub Italia, FC Parma. Jersey tersebut digunakan oleh penggawa Arema FC pada musim 2015/2016.

Sementara FC Parma jauh lebih dulu mengunakan jersey yang memadukan warna kuning cerah dengan biru tersebut. Penggawa FC Parma menggunakannya pada musim 2012/2013.

6 dari 6 halaman

5. Persebaya Surabaya dan Celtic

Jersey Persebaya dan Celtic disebut memiliki kemiripan 98%. Keduanya sama-sama menggusung garis putih-hijau yang didesain secara horisontal.

Meski demikian, Celtic menggenakan desain kit tersebut lebih dulu yakni musim 2010/2011. Sementara Persebaya mendesain ulang dan menggunakannya satu tahun setelahnya atau musim 2011/2012.

Disadur dari Bola.com(Hesti Puji Lestari/Wiwig Prayugi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.