Sukses

Teken MoU, Presiden FIFA Dukung Rencana ASEAN Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Thailand, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Vietnam membulatkan tekad mengajukan proposal menyelenggarakan Piala Dunia 2034 usai menggelar konferensi di Manila, bulan lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden FIFA Gianni Infantino datang ke Bangkok, Sabtu (2/11/2019), untuk menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan negara ASEAN. Kehadiran Infantino menjadi kabar bagi bagi lima negara Asia Tenggara yang berencana menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

"Presiden FIFA bakal meneken MoU dengan negara ASEAN sebagai bentuk dukungan rencana mereka menggelar Piala Dunia," kata Presiden Asosiasi Sepak Bola Thailand Somyot Poompunmuang, dilansir Bangkok Post.

Thailand, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Vietnam membulatkan tekad mengajukan proposal menyelenggarakan Piala Dunia 2034 usai menggelar konferensi di Manila, bulan lalu. Negeri Gajah Putih akan mengambil peran pimpinan dalam proses bidding.

Selain lima negara ASEAN yang tergabung jadi satu, nama lain yang berminat menjadi tuan rumah ajang itu di antaranya Tiongkok-Jepang-Korea Selatan-Korea Utara, Mesir, Zimbabwe, Nigeria, dan Australia-Selandia Baru-Papua Nugini.

Piala Dunia selanjutnya bakal berlangsung di Qatar pada 2022. AS-Kanada-Meksiko kemudian menggelar edisi 2026.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tuan Rumah Bersama

Tuan rumah Piala Dunia biasanya memiliki satu tuan rumah. Tradisi berubah ketika Jepang dan Korea Selatan menyelenggarakan edisi 2022. Gebrakan kemudian hadir pada 2026 dengan AS-Kanada-Meksiko menggelar pesta sepak bola terbesar di dunia tersebut.

Indonesia memanfaatkan kondisi itu untuk menggelar Piala Dunia. Sebelum berkolaborasi dengan negara ASEAN, Tanah Air sempat ingin mengajak Australia demi mengajukan bidding. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.