Bi Nguyen Siap Hadapi Stamp Fairtex di ONE Championship Filipina

Oleh Defri Saefullah pada 03 Nov 2019, 08:50 WIB
Diperbarui 03 Nov 2019, 09:15 WIB
Bi “Killer Bee” Nguyen, petarung ONE Championship wanita asal Vietnam

Liputan6.com, Jakarta Atlet Vietnam, Bi Nguyen sudah bersiap untuk menghadapi juara dunia kickboxing dan Muay Thai Stamp Fairtex pada ONE Championship: Masters of Fate di Filipina, Jumat (8/11/2019). Belum lama ini, dia jadi juara di ONE: Imortal Triumph di Vietnam.

Jika sebelumnya, Bi yang dijuluki “Killer Bee” bertanding dalam ranah Muay Thai, kini ia harus bertransisi dan beradaptasi kembali dengan peraturan seni bela diri campuran.

"Saat ini, saya menghadapi seorang monster wanita dalam disiplin stand-up dan walau saya yakin akan striking saya, saya akan mengganti game plan kembali ke seni bela diri campuran," kata Bi.

"Saat saya memenangkan laga ini, saya akan membuktikan banyak hal pada diri saya sendiri karena ada tuntutan besar bagi seorang atlet untuk berlaga dalam disiplin olahraga yang berbeda."

Stamp juga telah melalui pengalaman yang sama tahun ini. Ia merebut gelar Juara Dunia ONE Super Series dalam disiplin kickboxing dan Muay Thai sebelum bertransisi untuk berlaga dalam peraturan bela diri campuran.

Atlet berusia 21 tahun ini diprediksi akan mengandalkan striking kelas dunia yang ia miliki, namun ia pun telah membuktikan kemampuan dalam ground game saat ia mendominasi Asha “Knockout Queen” Roka dengan kuncian rear-naked choke pada ronde ketiga.

Bi mengaku kagum dengan Stamp Fairtex yanng akan menjadi lawannya di ONE Championship Filipina. Namunsebagai seorang veteran yang telah menjalani sembilan laga profesional dalam disiplin ini, ia yakin tidak akan mengalami nasib yang sama.

"Dia atlet yang bagus. Dia nampaknya telah berlatih [grappling] dan nampak tak kesulitan dalam melakukannya, namun anda harus juga melihat siapa yang anda lawan,” katanya.

"Lawannya dalam laga sebelumnya tidak memiliki pengalaman dalam ground game… Ia adalah petinju luar biasa, namun itu adalah laga yang bagus bagi Stamp untuk menunjukkan [kemampuan] ground-nya dalam laga terakhir itu. Ia tidak akan mendapatkan kesempatan itu melawan saya."

 

2 of 3

Bakal Imbangi

Bi Nguyen (onefc.com)
Bi Nguyen (onefc.com)

Walau dirinya yakin memiliki keunggulan dalam posisi ground, atlet asal Heritage Muay Thai ini juga yakin bahwa ia dapat menahan lawannya saat berduel stand up.

Bi Nguyen menyadari bahwa Stamp mungkin lebih diunggulkan, namun ia menyiratkan bahwa kemampuan strikingnya tidak kalah dari Juara Dunia kickboxing dan Muay Thai tersebut.

"Saya yakin bahwa saya adalah striker bela diri campuran," jelasnya.

"Gerakan saya akan berbeda bagi dirinya. Ini akan menjadi penampilan berbeda yang belum pernah dia lihat. Jadi saya rasa [permainan] stand-up saya akan memberinya masalah."

3 of 3

Video

Lanjutkan Membaca ↓