Sukses

KLB PSSI: Menpora dan Ketua KONI Hadir, La Nyalla Boleh Tidak Datang

Kongres Pemilihan PSSI akan berlangsung di Jakarta pada Sabtu (2/11/2019).

Jakarta - Ketua Komite Pemilihan (KP) PSSI, Syarif Bastaman, mengungkapkan bahwa Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, dan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Marciano Norman, akan menghadiri Kongres Luar Biasa PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (2/10/2019).

Syarif juga mengundang Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma'ruf Amin, ke Kongres Pemilihan PSSI. Namun, yang bersangkutan diperkirakan tidak dapat menghadiri kontestasi empat tahunan tersebut.

"Menpora sudah pasti hadir. Ketua KONI juga hadir. Tadinya Wapres Ma'ruf Amin juga ingin hadir. Ketua Umum PSSI sebelum-sebelumnya juga kami undang," ujar Syarif.

Syarif mengatakan, setiap kandidat untuk posisi ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI tidak diharuskan menghadiri Kongres Pemilihan PSSI. Namun, pihaknya tetap mengundang seluruh calon, termasuk La Nyalla Mattalitti, yang menyatakan menarik diri pada kongres tersebut.

"Saya tak tahu nantinya ketum yang datang jumlahnya 10 atau 11. Lihat nanti. Kehadiran tidak wajib. Tapi, kami sudah berikan undangan mohon hadir tepat waktu. Membawa indentitas lengkap dan jangan diwakilkan," imbuh Syarif.

Syarif menambahkan, setiap calon yang terpilih pada kepengurusan PSSI periode 2019-2023 akan langsung dilantik dan bekerja keesokan harinya.

"Langsung bekerja dan disahkan oleh notaris," jelas Syarif.

Kongres Pemilihan PSSI mempertarungkan 11 calon Ketua Umum (caketum), 15 wakil ketua umum (waketum), dan 71 anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI. Nantinya, akan terpilih satu orang ketum, satu orang waketum, dan 12 Exco PSSI, termasuk minimal satu wanita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Susunan Acara Kongres Pemilihan PSSI

Kongres Pemilihan PSSI

Sabtu (2/11/2019)

Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat

 

08.00 - 09.00 WIB

Registrasi Peserta dan Calon

 

09.00 - 09.30 WIB

Pembukaan:

1. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

2. Menyanyikan Mars PSSI

3. Pembacaan Doa

4. Sambutan Ketua KONI

5. Sambutan Ketua Menpora

 

09.30 WIB - Selesai

Kongres Luar Biasa Pemilihan

1. Roll Call

2. Pernyataan kongres telah sesuai dengan Statuta PSSI

3. Pidato pembukaan oleh Plt Ketua Umum PSSI

4. Penyampaian Petugas Pemeriksa Berita Acara

5. Penyampaian Tata Cara Pemilihan

6. Pemilihan Ketua Umum PSSI

7. Pemilihan Wakil Ketua Umum PSSI

8. Pemilihan anggota Exco PSSI

9. Penutupan kongres

10. Pidato Ketua Umum PSSI terpilih periode 2019-2023

11. Pembacaan doa

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.