10 Pesepak Bola yang Mencetak Gol dari Tendangan Pojok, Pernah Terjadi ke Gawang Timnas Indonesia

Oleh Hanif Sri Yulianto pada 01 Nov 2019, 21:00 WIB
Diperbarui 01 Nov 2019, 22:16 WIB
Barcelona vs Real Madrid

Jakarta - Beberapa pesepak bola diberkati dengan kemampuan mengeksekusi bola mati. Pemain yang dipercaya mengambil sepak pojok biasanya memiliki akurasi umpan yang baik.

Xavi Hernandez dan Andrea Pirlo, contohnya. Mereka diberkahi dengan akurasi umpan yang baik. Para pemain yang berada di kotak penalti akan mendapat suplai bola yang enak untuk mencetak gol dari pemain-pemain seperti itu.

Ada pula beberapa pesepak bola yang mencoba mencetak gol langsung dari sepak pojok. Ini tantangan sulit karena mereka menghadapi sudut yang sempit dan ada kerumunan di depan kotak penalti.

Selain itu menembak dari sepak pojok lebih banyak berpeluang untuk menghajar mistar gawang atau malah keluar lapangan.

Namun, ada beberapa pesepak bola yang mahir mencetak gol dari sepak pojok. Berikut 10 pesepak bola yang pernah melakukan aksi tersebut.

2 of 11

1. Markel Susaeta

Markel Susaeta pernah mencetak gol melalui sepak pojok saat membela Atletic Bilbao. Saat itu ia melawan Sevilla pada La Liga 2014-2015.

Saat itu Sevilla diperkuat oleh kiper timnas Portugal, Beto. Itu menjadi satu-satunya gol yang tercipta pada pertandingan tersebut.

 

3 of 11

2. Alvaro Recoba

Inter Milan
Alvaro Recoba, didatangkan Inter Milan saat usia 21 tahun dari klub Uruguay, Nacional seharga 14,45 juta pounds. Striker dengan tinggi 179 cm ini berhasil meraih dua gelar Serie A dan sebuah trofi Piala Winner. (AFP/Paco Serinelli)

Alvaro Recoba merupakan mantan pemain Inter Milan. Ia pernah mencetak gol sepak pojok saat memperkuat Nacional pada 2012.

Aksi tersebut menjadi gol terbaik Liga Uruguay 2012.

 

4 of 11

3. Theerathon Bunmathan

20161217-Aksi Heroik Pemain Timnas Indonesia Tak Mampu Redam Thailand-Bangkok
Bek Timnas Indonesia, Manahati Lestusen (kiri) berebut bola dengan Theerathon Bunmathan (Thailand) saat laga final kedua Piala AFF 2016 di Rajamangala National Stadium, Bangkok, Sabtu (17/12). Thailand menang 2-0. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Theerathon Bunmathan merupakan pemain Thailand yang bermain di Liga Jepang. Saat masih membela Buriram United ia berhasil mencetak gol dari sepak pojok.

Gol itu terjadi saat Buriram United bertemu dengan Gamba Osaka pada Liga Champions Asia 2015.

 

5 of 11

4. Mohamed Salah

Liverpool Vs Leicester
Gelandang Liverpool, Mohamed Salah. (AFP/Paul Ellis)

Mohamed Salah juga pernah mencetak gol dari sepak pojok. Bintang Liverpool tersebut mencetak gol saat memperkuat Timnas Mesir pada Kualifikasi Piala Africa pada 12 Oktober 2018 melawan Eswatini.

Gol tersebut merupakan gol keempat Mesir ke gawang Eswatini.

 

6 of 11

5. Roberto Carlos

Bek Subur Cetak Gol
3. Roberto Carlos (Real Madrid) - Legenda timnas Brasil ini kesohor karena tendangan bebasnya yang fenomenal. Bek kiri Real Madrid mencetak 113 gol sepanjang karirnya. (AFP/Philippe Desmazes)

Roberto Carlos pernah mencetak gol dari sepak pojok saat berseragam Corinthias. Gol tersebut dilesakkan saat Corinthians melawan Portuguesa pada kompetisi Liga Brasil 2011.

 

7 of 11

6. Angel Di Maria

Pesepak Bola Keluarga Miskin
Angel Di Maria. (AFP/Bulent Kilic)

Angel Di Maria berhasil mencetak gol dari sepak pojok kala Paris Saint-Germain melawan Nimes pada kompetisi Ligue 1 pada september 2018.

 

8 of 11

7. David Beckham

Gaya Rambut
3. David Beckham, mantan bintang Inggris ini memang terkenal sebagai salah satu pesepak bola yang memiliki gaya stylish. Mantan gelandang MU ini kerap memiliki gaya rambut yang menjadi trendsetter. (AFP/Jewel Samad)

David Beckham pernah melakukan gol dari sepak pojok saat berseragam LA Galaxy.Tertinggal 0-1 dari Chicago, Beckham melepaskan tembakan pisang yang menukik ke gawang Chicago.

 

9 of 11

8. Diego Forlan

Pencetak Gol LaLiga Terbanyak di Abad ke-21
Diego Forlán. (BCWGlobal)

Diego Forlan merupakan mantan pemain Atletico Madrid dan Manchester United. Ia sempat mencetak gol saat membela Internacional pada 2012.

Gol tersebut ia sarangkan ke gawang Fluminese.

 

10 of 11

9. Gustavo Lopez

Gustavo Lopez
Gustavo Lopez (Liputan6.com/Rana Adwa)

Gustavo Lopez merupakan pemain berpaspor Argentina yang pernah memperkuat Arema Cronus. Ia mencetak gol dari sepak pojok kala Arema bermain melawan Persib Bandung pada Indonesia Super League 2014.

Kondisi hujan lebat dan angin yang kencang berhasil dimanfaatkan oleh Gustavo Lopez. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

 

11 of 11

10. Korrakot Wiriya-Udomsiri

Korrakot Wiriya-Udomsiri merupakan pemain berpaspor Thailand yang membela Buriram United. Ia mencetak gol dari sepak pojok saat membela Timnas Thailand melawan Timnas Indonesia pada Piala AFF 2018.

Kala itu, gawang Indonesia dikawal oleh Wahyu Tri Nugroho. Pertandingan berakhir untuk kemenangan Thailand dengan skor 4-2.

 

Disadur dari Bola.com (Penulis Hanif Sri Yulianto / Editor Yus Mei Sawitri, Published 01/11/2019)

Lanjutkan Membaca ↓