Media Asing Turut Beritakan Meninggalnya Alfin Lestaluhu

Oleh Defri Saefullah pada 01 Nov 2019, 10:30 WIB
Diperbarui 01 Nov 2019, 10:30 WIB
Timnas Indonesia U-16 Vs Filipina
Perbesar
Mendiang Bek Timnas Indonesia U-16, Alfin Lestaluhu, saat sujud syukur saat melawan Filipina pada laga babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 di Stadion Madya, Jakarta, Senin (16/9/2019). Indonesia menang 4-0 atas Filipina. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta Media asing turut memberitakan meninggalnya Alfin Lestaluhu, bek timnas Indonesia U-16. Yag terpantau memberitakan diantaranya Foxsport Asia.

Dalam salah satu beritanya, Foxsport Asia menulis judul, "bintang muda Timnas Indonesia U-16 meninggal dunia".

Diberitakan Foxsport, Alfin Lestaluhu meninggal dunia karena sempat menjadi korban gempa bumi di Ambon. Dia menjadi korban dari gempa bumi dengan magnitudo 6,5 skala richter pada 26 Septeber lalu.

Foxsport menulis, bintang timnas Indonesia U-16 itu menjadi salah satu korban gempa bumi yng besar itu. Padahal Alfin Lestaluhu, tulis media olahraga itu, menjadi bagian penting dari skuat Timnas U-16 yang dilatih Bima Sakti.

Alfin Lestaluhu , tulis Foxsport, juga sudah berjasa dalam mengantar Indonesia lolos Piala Asia U-16. Timnas U-16 lolos setela menjadi runner up di grup G di bawah China.

 

 

2 dari 3 halaman

Dirawat di Jakarta

Timnas Indonesia U-16 Vs Filipina
Perbesar
Pemain Timnas Indonesia U-16 merayakan gol yang dicetak oleh Alfin Lestaluhu ke gawang Filipina pada laga babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 di Stadion Madya, Jakarta, Senin (16/9/2019). Indonesia menang 4-0 atas Filipina. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Alfin Lestaluhu sempat dirawat secara intensif di Jakarta. Pemain kelahiran 2004 ini menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Progres, Sunter, Jakarta sekitar pukul 22.00 WIB.

Menurut diagnosa dokter, Alfin meninggal karena encephalitis (infeksi otak) dengan hypoalbumin.

Alfin Lestaluhu sudah mengeluh sakit setelah membela timnas Indonesia U-16 di ajang Kualfikasi Piala Asia 2020. Sempat dirawat di Ambon, Alfin akhirnya dibawa ke Jakarta untuk mendapat perawatan yang lebih intensif.

 

 

3 dari 3 halaman

Golnya Dikenang

Nama Alfin Lestaluhu sendiri menjulang saat ikut membawa Timnas Indonesia U-16 menduduki posisi ketiga Piala AFF U-16 2018.

Alfin juga turut berperan membawa Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2020 yang akan digelar di Bahrain. Di ajang kualifikasi, Alfin mencetak gol spektakuler saat Indonesia mengalahkan Filipina 4-0 di Grup G.

Alfin Lestaluhu mencetak gol ketiga dalam pertandingan yang digelar di Stadion Madya Senayan, Jakarta (16/9).Berawal dari kemelut yang terjadi di depang gawang Filipina. Bola kemudian jatuh di hadapan Alfin.

Dia sempat menahan bola dan kemudian membawanya ke sisi kiri gawang di dalam kotak penalti Filipina. Alfin lalu melepaskan tendangan dari sudut sempat dengan kaki kanannya yang tak bisa diantisipasi kiper lawan.

 

Lanjutkan Membaca ↓