Sukses

Alfin Lestaluhu Pemain Timnas Indonesia U-16 Meninggal Dunia

Kabar duka datang dari pesepak bola muda timnas Indonesia U-16, Alfin Lestaluhu.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka datang dari pesepak bola muda timnas Indonesia U-16, Alfin Lestaluhu. Setelah dirawat secara intensif di Jakarta, Alfin menghembuskan nafas terakhirnya, Kamis (31/10/2019) malam.

Kabar ini disampaikan oleh PSSI melalui akun media sosialnya. Sebelumnya, Alfin mengeluh sakit kepala dan harus dibawa ke RS sejak 29 September 2019 lalu di Ambon.

PSSI pun berinisiatif membawa Alfin Lestaluhu ke Jakarta dan dirawat di RS Royal Progress. Sayangnya takdir berkata lain dan Alfin pun harus tutup usia tadi pukul 22.00 malam.

"Telah berpulang menghadap Sang Pencipta, Alfin Farhan Lestaluhu. Semoga amal ibadah dan segala kebaikan diterima Tuhan Yang Maha Esa," tulis PSSI di akun Instagramnya.

"Terima kasih atas jasa-jasamu untuk Indonesia, Alfin." Tak pelak warganet pun langsung mengucapkan kalimat duka dalam status tersebut.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tanggapan Keluarga

Kabar duka dari Alfin Lestaluhu juga dibenarkan eks pesepak bola nasional, Imran Nahumarury.

"Ya benar, Alfin Lestaluhu berpulang tadi jam 10 malam. Rencananya Subuh ini jenazah akan dibawa ke Tulehu untuk dimakamkan," kata Imran kepada Liputan6.com.

"Pihak keluarga sangat berterima kasih pada PSSI dan semua pihak yang sudah merawat Alfin selama ini," kata Imran yang juga kerabat dari pemain timnas Indonesia U-16 itu.

3 dari 5 halaman

Jebolan SKO Ragunan

Alfin Lestaluhu merupakan jebolan Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan. Dia lalu dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia U-16.

Pelatih Timnas Indonesia U-16 kepincut dengan penampilan pemain kelahiran tahun 2004. Tak perlu lama, Alfin langsung menjadi bagian penting dari tim asuhan Bima Sakti ini.

4 dari 5 halaman

Menjulang di Piala AFF U-16

Nama Alfin Lestaluhu menjulang saat ikut membela Timnas U-16 tampil di Piala AFF U-16 2018. Ketika itu, oleh pelatih Bima Sakti, dia selalu menjadi kepercayaan tampil di lapangan.

Alfin Lestaluhu selalu mengisi barisan pertahanan Timnas Indonesia U-16. Dia bermain di posisi bek sayap kanan.

Di ajang Piala AFF U-16 ini, Alfin Lestaluhu turut berperan membawa Indonesia menduduki posisi ketiga. Di laga play-off ketika itu, Indonesia mengalahkan Thailand lewat adu penalti.

 

5 dari 5 halaman

Kualifikasi Piala Asia U-16

Alfin Lestaluhu juga menjadi bagian penting saat Timnas U-16 tampil di kualifikasi Piala Asia U-16 2020. Di laga Grup G, Alfin sempat menyumbang satu gol saat Timnas U-16 menang 4-0 atas Filipina.

Indonesia sendiri akhirnya lolos ke putaran final Piala Asia U-16 yang akan digelar di Bahrain. Di laga terakhir, Timnas U-16 bermain imbang 0-0 lawan Tiongkok (22/9), di mana Alfin ikut tampil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.