Sukses

AFF Tak Diakui FIFA, Calon Ketum Ini Ingin PSSI Keluar Secepatnya

Sarman berpendapat AFF banyak mudaratnya bagi PSSI. Maka dari itu, pria kelahiran Bukittinggi, Sumatra Barat, itu menganggap PSSI hanya perlu berada dalam naungan Konfederasi Sepak Bola Asia atau AFC.

Jakarta - Salah satu Calon Ketua Umum (Caketum) PSSI Sarman El Hakim punya janji menarik jika terpilih di Kongres nanti. Ia ingin PSSI keluar dari AFF secepatnya.

AFF berdiri pada 1984 dengan enam negara Asia Tenggara sebagai anggota, meliputi Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Indonesia sebagai penggagasnya.

Sarman berpendapat AFF banyak mudaratnya bagi PSSI. Maka dari itu, pria kelahiran Bukittinggi, Sumatra Barat, itu menganggap PSSI hanya perlu berada dalam naungan Konfederasi Sepak Bola Asia atau AFC.

"AFF diakui FIFA tidak? Kenapa harus mengikuti AFF? Kalau saya terpilih sebagai Ketua PSSI, saya konsentrasi ke negara saya saja. Fokus ke Asia dan Olimpiade," kata Sarman dalam diskusi bertajuk "Mencari Ketua PSSI yang Ideal" di Aula Wisma Karsa Pemuda, Gedung Kemenpora, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

"AFF tidak terdaftar di FIFA. Biasa saja sebetulnya. Kalau Indonesia tidak ikut sekali, AFF bisa bubar. Sejarah AFF dari mana? Jadi harus dipelajari AFF itu apa. Tinggalkan AFF. Agenda kami banyak, ada SEA Games, Asian Games, dan Olimpiade."

"Saking fokus di AFF, Indonesia lupa Asian Games, lupa Olimpiade, dan anak-anak kita lupa sekolah. Itu negatifnya. Kalau juara Piala AFF, apakah meningkatkan ranking FIFA? Datang ke kantor FIFA, ada bendera AFF? Tidak ada. Tapi, karena masyarakat sudah terhibur, mau apalagi. Kalau saya terpilih sebagai Ketum PSSI, saya tinggalkan AFF. Saya akan bicara ke Presiden Jokowi," tutur Sarman.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

AFF Tidak Diakui FIFA

Sarman mengatakan AFF merupakan federasi abal-abal. Menurutnya, lebih baik PSSI dengan Timnas Indonesia konsentrasi menghadapi hajatan selevel Asian Games dan Olimpiade.

"PSSI keluar saja dari AFF. Federasinya tidak jelas itu. AFF bukan federasi, mereka event organizer. AFF itu tidak diakui FIFA. Kami masuk AFC saja. Itu wadah kami," tutur Salman.

"Agenda kami ada Pekan Olahraga Daerah (Porda) dan Pekan Olahraga Nasional (PON). Harus ada evaluasinya. Kita korban dari AFF. Kalau saya menjadi Ketum PSSI, ada 250 juta orang Indonesia di belakang saya. Ini nasionalisme kebangsaan," imbuh Sarman, yang sering mencalonkan diri sebagai Ketua PSSI ini.

Disadur dari: Bola.com (Penulis M Adiyaksa, Editor Benediktus, published 30/10/2019)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.