Bermain di Bali Bukan Lagi Kutukan bagi Persib

Oleh Windi.Wicaksono pada 30 Okt 2019, 16:45 WIB
Diperbarui 30 Okt 2019, 16:45 WIB
Robert Rene Alberts

Liputan6.com, Bali - Persib Bandung memperbaiki catatan mereka ketika bermain di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Sejak ditangani Robert Rene Alberts, sudah dua kali Persib menang di Bali.

Teranyar, Maung Bandung sukses menundukkan Persebaya Surabaya 4-1 pada 18 Oktober 2019, dan menang 2-0 atas rivalnya Persija Jakarta pada 28 Oktober 2019.

Dua kemenangan itu sekaligus mengakhiri "kutukan" Persib setiap kali bermain di Bali pada sejumlah pertandingan sebelumnya. Selama Liga musim 2018, Persib bahkan tak mampu meraih satu pun kemenangan saat melakoni laga usiran di sana.

"Saya berdiskusi dengan para pemain soal pengalaman tahun lalu, ketika mereka juga terpaksa bermain laga kandang jauh di luar Bandung," ujar Robert, seperti dilansir situs resmi Persib.

"Untuk memastikan bahwa kami tidak mau mengulangi pengalaman tahun lalu di Bali. Jadi, sebetulnya kami mempersiapkan mentalitas kami," ungkapnya.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 3 halaman

Program Latihan

Persib Latihan di PTIK
Para pemain Persib Bandung saat mengikuti latihan. (Bola.com/Yoppy Renato)

Selain itu, pelatih berpaspor Belanda ini juga mengklaim, dua kemenangan di Pulau Dewata tak terlepas dari empat faktor krusial. Program latihan yang tepat dan masa pemulihan, kehadiran bobotoh di tribun stadion juga memegang peran yang sangat penting untuk hasil.

"Ini soal intensitas latihan, kehadiran bobotoh yang menambah energi dan masa recovery yang tepat. Selain itu, tim kita juga tidak sedang didera badai cedera," papar eks pelatih PSM Makassar ini.

3 dari 3 halaman

Faktor Penting

"Kami bisa memilih pemain terbaik di setiap pertandingan. Jadi, saya pikir itu adalah faktor penting mengapa kami bisa mendapatkan hasil yang bagus," jelas Robert.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓