Sukses

Rasialisme di Kualifikasi Euro 2020, Bulgaria Dihukum Laga Tertutup

Suporter Timnas Bulgaria melakukan aksi rasialisme kepada pemain timnas Inggris pada kualifikasi Euro 2020.

Liputan6.com, Jakarta Federasi Sepak Bola Bulgaria (BFU) harus membayar mahal ulah suporternya. Aksi rasialisme yang mereka arahkan kepada para pemain timnas Inggris pada kualifikasi Euro 2020 beberapa waktu lalu akhirnya beruntut sanksi berlapis dari UEFA.

Seperti dilansir thenews.com.pk, selain denda sebesar 75 ribu euro atau setara Rp 1,1 Miliar, UEFA juga melarang penonton hadir pada laga timnas Bulgaria berikutnya. Ini berarti duel kualifikasi Euro 2020 melawan Republik Ceko 17 November bakal berlangsung tertutup.

Komisi Disiplin UEFA juga sebenarnya menjatuhkan larangan yang sama pada laga kedua Bulgaria. Hanya saja, hukuman ini masih bersifat percobaan selama dua tahun ke depan.

Selain itu, UEFA juga mewajibkan Bulgaria memasang banner bertuliskan slogan "No To Racism (Katakan tidak untuk Rasialsime)", di dalam stadion pada dua laga berikutnya.

Aksi rasialisme menodai pertandingan antara timnas Bulgaria melawan Inggris, Selasa pekan lalu (15/10/2019). Dalam duel ini, sejumlah penonton tuan rumah melontarkan kata-kata rasial yang melecehkan pemain Timnas Inggris. Mereka juga melakukan salam Nazi.

Kejadian ini menuai kecaman dari banyak pihak. Apalagi pelatih timnas Bulgaria, Krasimir Balakov sempat berusaha melindungi aksi tersebut sebelum akhirnya meminta maaf. Insiden ini juga menampar wajah federasi sepak bola Bulgaria (BFU) dan memaksa presiden Borislav Mihalyov, mundur dari jabatannya. Langkah ini kemudian diikuti pelatih Krasimir Balakov.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tangkap Para Pelaku

Polisi bergerak cepat mencari para pelaku. Setidaknya tujuh orang ditangkap, satu di antaranya masih di bawah umur. Mereka kemudian disidangkan dan dijatuhi hukuman denda sebesar denda sebesar £443 atau Rp 8 juta dan dilarang masuk stadion selama 2 tahun. 

(Simak berita selengkapnya di sini)

 

3 dari 3 halaman

Kalah 0-4

Sementara itu, duka Bulgaria semakin lengkap setelah mereka kalah 0-6 dari timnas Inggris. Dalam duel di Vassil Levski Stadium itu, striker Harry Kane mencetak hattrick. Sedangkan gol lainnya dicetak Raheem Sterling, Marcus Rashford dan Ross Barkley. 

Akibat kekalahan ini, Bulgaria pun harus terjerembab di dasar klasemen Grup A dengan koleksi 3 poin dari 7 laga. Sementara Inggris berada di puncak klasemen dengan 15 poin.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.