Sukses

Prediksi Persebaya vs PSS: Bajul Ijo Haram Terpeleset Lagi

Persebaya mengejar kemenangan pertama dalam liga partai terakhir di Shopee Liga 1 2019. Mampukah Bajul Ijo mengalahkan PSS?

Surabaya - Persebaya Surabaya sedang terpuruk di Shopee Liga 1 2019. Bajul Ijo gagal menang dalam lima pertandingan terakhir secara beruntun.

Persebaya Surabaya dijadwalkan menjamu PSS Sleman dalam pertandingan pekan ke-25 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa sore (29/10/2019). Laga ini menjadi ujian sekaligus momen tepat ubuat Bajul Ijo untuk bangkit.

Bonek, suporter Persebaya, juga telah memberi tekanan kepada tim kebanggaannya itu untuk segera bangkit. Mereka sudah jengah melihat Ruben Sanadi dkk. tidak mampu membukukan kemenangan dalam lima laga terakhir.

"Untuk kami, yang penting bermain menyerang, tapi tetap tidak lupa bertahan. Kami tetap punya taktik. Hasil beberapa pertandingan memang kurang baik. Kami harus memperbaiki tim ini," kata Wolfgang Pikal, pelatih Persebaya.

Laga ini seharusnya juga menjadi upaya balas dendam buat Persebaya. Sebab, tim asal Kota Pahlawan itu takluk 1-2 dari PSS pada putaran pertama di Stadion Maguwoharjo, Sleman (15/7/2019).

Namun, PSS sedang dalam performa apik dengan tidak kalah dalam empat pertandingan terakhir. Masing-masing dua menang dan kalah. Hal itu menjadi catatan yang cukup menghantui Persebaya, yang bertekad ingin bangkit.

"Memang empat pertandingan terakhir PSS tidak kalah. Yang paling penting, kami percaya diri. Pemain harus percaya pada teman-temannya. Kami juga main di kandang, harus menunjukkan mentalitas kuat, dan tidak mau kalah," imbuh Pikal.

Persoalannya, Persebaya tidak hanya memiliki modal negatif kalah lantaran lima laga terakhir menjelang pertemuan ini. Bajul Ijo juga mempunyai torehan yang kurang apik saat menjalani pertandingan di kandang sendiri.

Persebaya belum kalah di kandang dalam 11 pertandingan. Tetapi, Irfan Jaya cs. hanya mampu memenangi tiga laga di antaranya. Delapan laga lainnya berakhir imbang dan PSS sangat berpeluang membuat Persebaya kehilangan poin lagi.

Di sisi lain, Persebaya Surabaya juga masih bertanding tanpa kekuatan penuh karena beberapa pemain mengalami cedera. Otavio Dutra, Misbakus Solikin, Abu Rizal, dan Oktafianus Fernando masih diragukan bisa tampil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Target Mencuri Poin

PSS juga datang dengan skuat tak komplet. Dua pemain asing mereka sudah dipastikan tidak dibawa karena kondisi kesehatan. Bek Alfonso De La Cruz mengalami cedera, sementara Brian Ferreira, yang memiliki peran paling vital, sedang sakit.

"Dua pemain asing harus kami tinggal di Sleman berdasarkan rekomendasi dokter tim. Kondisi kesehatan Alfonso cedera dan Brian menurun. Tapi, saya pastikan, kami sudah terbiasa dengan kondisi seperti ini," kata Seto Nurdiyantoro, pelatih PSS.

Seto menegaskan tim asuhannya bakal mengandalkan kolektivitas permainan, ketimbang berharap kepada satu dua pemain yang dianggap menonjol. Seperti saat menjamu Persija Jakarta, Seto mengakui permainan timnya kompak, meski kalah secara materi dari lawan.

Seto tak lupa menyanjung kekuatan Persebaya Surabaya. Tim Bajul Ijo, yang akan bermain di hadapan Bonek, membuat Seto meminta pemain PSS wajib tampil tanpa beban.

"Persebaya punya kualitas dengan banyak pemain Timnas di sana. Artiny,  secara kedalaman skuat, merata. Suporter mereka juga luar biasa, menjadi kekuatan tersendiri. Bisa mencuri satu poin sudah cukup bagus, syukur-syukur bisa meraih poin penuh," jelas Seto

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Mokhamad Syaifuddin, Andri Muliadi, Hansamu Yama, Ruben Sanadi (belakang); Muhammad Hidayat, Aryn Williams, Diogo Campos (tengah); Irfan Jaya, David da Silva, Osvaldo Haay (depan)

Pelatih: Wolfgang Pikal

PSS Sleman (4-4-2): Ega Rizky (kiper); Bagus Nirwanto, Asyraq Gufron, Ikhwan Ciptady, Derry Rachman (belakang); Guilherme Batata, Dave Mustaine, Ocvian Chanigio, Ricky Kambuaya (tengah); Yevhen Bokhasvili, Kushedya Hari Yudo (depan) Pelatih: Seto Nurdiyantoro

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.