Sukses

4 Kemenangan Tandang Paling Wah di Liga Inggris

Ada dua kemenangan dengan skor wah pada Premier League musim 2019-2020.

Jakarta- Kemenangan dengan skor telak terjadi lagi di Liga Premier musim ini. Setelah Manchester City menaklukkan Watford dengan skor 8-0 pada pekan keenam Premier League, kini Leicester City yang melumat Southampton sembilan gol tanpa balas.

Kemenangan itu terasa spesial bagi kubu The Foxes. Pasalnya, hasil tersebut merupakan kemenangan tandang terbesar sepanjang sejarah Premier League.

Kemenangan tandang terbesar sempat terjadi di Liga Inggris 20 tahun yang lalu. Pada saat itu, Manchester United berhasil menekuk tim tuan rumah Nottingham Forest dengan skor 8-1.

Rekor kemenangan tandang tersebut telah bertahan selama 20 tahun delapan bulan sampai Leicester memecahkan rekor tersebut pada Sabtu (26/10/2019) dini hari. Rekor tersebut sempat hampir disamakan oleh Tottenham Hotspur pada Mei 2017. Namun, Spurs tak mampu mencetak gol kedelapan pada laga kontra Hull City pada laga penutup musim 2016-17.

Berikut kami rangkum empat kemenangan tandang terbesar sepanjang sejarah Liga Inggris.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sheffield Wednesday 1-7 Nottingham Forest (April 1995)

Pada 24 tahun yang lalu, salah satu klub legendaris, Nottingham Forest, pernah mencatatkan kemenangan tandang terbesar di Liga Inggris. Klub peraih dua gelar Liga Champions tersebut mengalahkan Sheffield Wednesday dengan skor 7-1 di Stadion Hillsborough pada April 1995.

Pada babak pertama, Nottingham Forest unggul dua gol lewat lesatan Stuart Pearce pada menit ke-17 dan Ian Woan pada menit 20'. Namun, di babak kedua Forest semakin menggila. The Reds mampu menambah lima gol yang dipersembahkan oleh Bryan Roy (48', 64'), Stan Collymore (78', 80'), dan Lars Bohinen (85'). Sedangkan Sheffield Wednesday hanya mampu mencetak satu gol melalui torehan Mark Bright pada menit 52'.

3 dari 5 halaman

Hull City 1-7 Tottenham Hotspur (Mei 2017)

Musim 2016-17 merupakan musim yang spesial bagi Tottenham Hotspur. Pasalnya, Spurs meraih pencapaian tertinggi setelah duduk di peringkat kedua Premier League di akhir musim. Pada musim tersebut, merupakan kali pertama dan terakhir The Lilywhites bertengger sebagai runner-up Premier League sepanjang sejarah.

Tottenham Hotspur menutup musim 2016-17 dengan manis setelah mampu menaklukan Hull City dengan skor 1-7. Raihan tersebut merupakan kemenangan tandang terbesar Spurs sepanjang sejarah Liga Inggris.

Harry Kane menjadi bintang pada pertandingan kali ini dengan mencetak hattrick. Selain itu, empat gol Spurs lainnya diciptakan oleh Dele Alli, Victor Wanyama, Ben Davies, dan Toby Alderwireld. Sementara itu, Hull City hanya mampu membalas satu gol saja melalui lesatan Samuel Raymond Clucas pada menit 66'.

4 dari 5 halaman

Nottingham Forest 1-8 Manchester United (Februari 1999)

Setelah catatkan kemenangan tandang besar pada April 1995, Nottingham Forest harus merasakan hal yang Sheffield Wednesday rasakan. The Tricky Trees harus rela takluk dari Manchester United dengan skor 1-8 di kandang sendiri pada Februari 1999.

Pada saat itu, Manchester United diisi oleh pemain-pemain peraih Treble Winners seperti Dwight Yorke, Andy Cole, dan Ole Gunnar Solskjaer. Kemenangan tandang terbesar tersebut merupakan pemanis bagi Manchester United yang meraih Treble Winners pada akhir musim.

Setelah masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-71, Ole Gunnar Solskjaer mencetak empat gol di laga tersebut. Sementara itu, Dwight Yorke dan Andy Cole bersama-sama catatkan brace pada laga tersebut. Sedangkan, Nottingham Forest hanya mampu membalas satu gol lewat torehan Alan Rogers.

5 dari 5 halaman

Southampton 0-9 Leicester City (Oktober 2019)

Jawara Liga Inggris musim 2015-16, Leicester City, berhasil membuat rekor fantastis pada Sabtu (26/10/2019) dinihari. The Foxes catatkan kemenangan tandang terbesar sepanjang sejarah Premier League setelah kandaskan Southampton sembilan gol tanpa balas di Stadion St Mary's.

Leicester City buka keunggulan lewat gol dari Ben Chilwell pada menit ke-10. Petaka bagi Southampton muncul setelah Ryan Bertrand mendapatkan kartu merah pada menit 12'.

Dengan keunggulan jumlah pemain Leicester terus menerus menggempur pertahanan Southampton. Dua pemain Leicester, Ayoze Perez dan Jamie Vardy, catatkan hattrick pada laga kali ini. Sedangkan dua gol lainnya diciptakan Youri Tielemans pada menit ke-17 dan James Maddison pada menit ke-85. (Bola.com/Tegar Juel)

Sumber: Premier League, FourFourTwo

Disadur dari Bola.com, Published 28/10/2019

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.