Klub Liga Jerman Ini Dapat Penalti Aneh karena Ulah Pemain Cadangan

Oleh Faozan Tri Nugroho pada 28 Okt 2019, 16:00 WIB
Diperbarui 29 Okt 2019, 04:15 WIB
Ilustrasi Sepak Bola

Bochum - Kejadian unik terjadi saat dua klub kasta kedua Liga Jerman, Holstein Kiel, menghadapi VfL Bochum. Dalam pertandingan tersebut, Holstein Kiel diganjar penalti akibat ulah pemain cadangannya.

Menjamu Bochum di Holstein-Stadion dalam lanjutan kompetisi kasta kedua Liga Jerman, Jumat (25/10/2019), Holstein Kiel berhasil unggul lebih dulu berkat gol yang disarangkan Lee Jae-sung pada menit ke-9.

Akan tetapi, saat babak pertama menyisakan delapan menit lagi, momen unik terjadi. Ketika itu, striker Bochum, Silvere Ganvoula M'boussy, yang tak terkawal mendapat kesempatan mencetak gol.

Sayangnya, bola hasil tembakan M'boussy melebar ke sisi kanan gawang Holstein Kiel. Saat bola tersebut meluncur, ada beberapa pemain Holstein Kiel yang sedang melakukan pemanasan.

Satu di antara pemain yang sedang pemanasan, Michael Eberwein, berupaya menghentikan laju si kulit bundar dengan kakinya. Kejadian tersebut lantas membuat wasit Timo Gerach yang memimpin pertandingan kasta kedua Liga Jerman itu langsung berdikusi, dan mengecek tayangan ulang melalui video assistant referee (VAR).

Setelah melihat VAR, sang wasit langsung memberikan kartu kuning kepada Eberwein, karena dinilai sengaja menghentikan bola. Tak hanya itu, wasit juga memberikan hadiah penalti untuk VfL Bochum.

2 dari 2 halaman

Memenangkan Pertandingan

Ilustrasi VAR di sepak bola
Wasit Jerman, Deniz Aytekin, mengecek layar VAR (Video Assistant Referee) pada laga persahabatan antara Inggris versus Italia di London, 27 Maret 2018. (AFP/Ian Kington)

Silvere Ganvoula M'boussy yang menjadi algojo tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dan membuat skor menjadi imbang 1-1. Meski mendapat hukuman penalti yang aneh, Holstein Kiel berhasil memenangkan pertandingan.

Holstein Kiel kembali memimpin pada menit ke-52 berkat gol Janni Luca Serra. Gol tersebut membuat Holstein Kiel mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 2-1.

Hasil positif tersebut membuat Holstein Kiel mengumpulkan 14 poin dan berada di peringkat 7 klasemen sementara 2. Bundesliga. Sementara itu, VfL Bochum berada di peringkat ke-16 dengan raihan 9 poin.

Sumber: Sportbible

Disadur dari Bola.com (Faozan Tri Nugroho/Rizki Hidayat, published 28/10/2019)

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Keren, Game MotoGP 20 Terlihat Nyata dan Realistis