Gulat, Elemen Penting Petarung One Championship Anthony Engelen

Oleh Adyaksa Vidi pada 28 Okt 2019, 10:30 WIB
Diperbarui 28 Okt 2019, 11:15 WIB
Anthony Engelen

Liputan6.com, Jakarta - Atlet One Championship Indonesia, Anthony “The Archangel” Engelen, berbagi pandangan serta pengetahuan tentang ragam elemen terpenting dari unsur wrestling sebagai petarung professional.

Ia juga berbagi tips bagi para penggemar atau pemula di dunia seni bela diri campuran.

Menggeluti Brazilian Jiu-Jitsu (BJJ) sejak lama, Anthony menganggap wrestling sama pentingnya dengan BJJ sebagai fondasi utama sebuah laga.

"Jika kita lihat berbagai kompetisi bela diri campuran, maka banyak atlet Amerika Serikat yang memiliki latar belakang wrestling," ujar Anthony.

"Menurut saya, bersama dengan BJJ maka wrestling sangatlah berguna dalam menekuni dunia bela diri campuran," kata atlet divisi featherweight One Championship ini menambahkan.

 * Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 of 2

Menguasai Teknik

Anthony “The Archangel” Engelen (One Championship)
Anthony “The Archangel” Engelen (One Championship)

Ada berbagai teknik gulat yang bisa diterapkan dalam sebuah laga dan menurut Anthony, menguasai teknik-teknik tersebut bisa menjadi penentu sebuah hasil akhir.

"Pertama, takedown. Kedua, control dan distribusi berat badan. Ini penting. Bayangkan jika ada petarung tidak terlatih yang menekan anda dari atas, dengan berat 100 kilogram. Ia bisa terasa lebih ringan daripada atlet wrestling handal yang bisa membuat anda merasa ditindih ratusan batu bata," ujar atlet yang berlatih di Bali MMA ini.

Meski teknik-teknik tersebut sudah diulas di berbagai buku maupun video di YouTube, namun panduan dari seorang ahli sangat diperlukan agar tidak terjadi hal-hal buruk seperti cedera yang membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

Untuk itu, “The Archangel” menyarankan semua yang ingin belajar ilmu bela diri tersebut untuk berlatih di tempat seharusnya berlatih, seperti gym.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by