Sukses

Pemkot Surabaya Pastikan Tiga Lapangan Pendukung Piala Dunia U-20 2021

Dari lima lapangan yang dipantau, hanya tiga lapangan yang representatif dan bisa diajukan untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Pembangunan lapangan baru akan dilakukan mulai bulan Januari.

Liputan6.com, Surbaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya telah memastikan, tiga dari lima lapangan pendukung venue utama Piala Dunia U-20 Tahun 2021, sudah sesuai persyaratan Federation International Football Association (FIFA). Ketiga stasion itu adalah, Stadion Gelora 10 Nopember, Karanggayam dan Lakarsantri.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko), Eri Cahyadi mengatakan, setelah dirinya melihat langsung kondisi lima lapangan, hanya tiga lapangan yang representatif dan bisa diajukan untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20

“Kalau untuk latihan, Jelidro ukurannya tak sesuai. Jadi, kita tak jadi pakai, ada dua pilihan yang sudah saya sampaikan ke Bu Walikota, apakah nanti menggunakan lahan di dalam gedung Bung Tomo,” terang Eri.

Menurut Erie, karena venue pertandingan di Piala Dunia U-20 menggunakan lapangan utama, maka tak diperbolehkan dipakai untuk kegiatan latihan. Untuk itu, pemerintah kota saat ini berencana memanfaatkan lahan di depan Stadion gelora Bung Tomo sebagai tempat latihan.

“Kita buatkan dua atau tiga lapangan. Kita akan check ukurannya. Bu Walikota meminta agar diperiksa dulu ukurannya, kalau memenuhi syarat bisa dibangun,” paparnya.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fasilitas

Lokasi lahan yang bisa dimanfaatkan untuk pembangunan lapangan baru, menurut Eri berada di dekat masjid, sebelah kanan dari pintu masuk menuju Gelora Bung Tomo (GBT). Di lapangan yang bakal digunakan tempat latihan, nanti juga akan dilengkapi fasilitas sesuai standar yang dipersyaratkan, mulai dari kamar ganti, toilet serta tribun, penerangan lampu dengan daya 800 watt.

“Fasilitasnya sama, tapi tak sama dengan lapangan utama. Ukurannya internasional, 75 x 110 meter,” sebutnya

3 dari 3 halaman

Pembangunan

Eri memperkirakan, pembangunan lapangan baru akan dilakukan mulai bulan Januari. Dalam selang waktu enam bulan, pembangunan lapangan baru tuntas.

“Kalau APBD di gedok di 10 Nopember, berarti kita bisa lelang di bulan Desember. Jika Desember sudah ada pemenangnya, maka Januari sudah bisa bekerja,” tandasnya.

(Dian Kurniawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.