Sukses

5 Khasiat Anggur untuk Kesehatan, Salah Satunya Mengatasi Gangguan Ginjal

Aman dikonsumsi semua usia, anggur punya banyak jenis. Ada anggur merah, biru dan ungu. Bahkan kini banyak pula yang berwarna kehitaman.

Jakarta - Anggur merupakan salah satu buah terpopuler. Selain enak, buah ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan. 

Aman dikonsumsi semua usia, anggur punya banyak jenis. Ada anggur merah, biru dan ungu. Bahkan kini banyak pula yang berwarna kehitaman.

Kendati berukuran kecil, anggur memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Buah itu juga kerap diolah menjadi berbagai makanan, seperti jus, salad, puding, selai roti, dan perasa makanan lainnya.

Tak hanya makanan, anggur juga kerap dipakai sebagai bahan utama dalam vitamin dan obat-obatan di apotek. Buah tersebut memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan bisa mencegah berbagai penyakit.

Menurut penelitian dari International Journal of Food Properties, senyawa antioksidan anggur hampir 10 kali lebih besar daripada tomat, pisang, pepaya, dan mangga.

Anggur adalah sumber fitonutrien, terutama senyawa enol dan folifenol. Buah ini juga mengandung nutrisi penting seperti vitamin A, C, K dan B6. Menurut Database Nutrien National USDA, anggur kaya tiamin, riboflavin, niasinm folat, mineral, kalium, kalsium, magnesium, fosfor, dan natrium.

Saking banyaknya kandungan nutrisi dalam buah anggur, buah ini juga kaya manfaat bagi tubuh. Penasaran apa saja manfaatnya?

Berikut adalah manfaat anggur bagi kesehatan tubuh, seperti dirangkum dari Organic Facts, Kamis (24/10/2019).

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Manfaat Anggur: Cegah Penyakit Jantung

Anggur meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah, yang mencegah pembekuan darah dan membantu kesehatan jantung secara keseluruhan. Anggur efektif untuk mengurangi kemungkinan serangan jantung. 

Saat dikonsumsi, anggur akan meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah guna mencegah pembekuan darah dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Oksida nitrat di anggur berperan penting untuk kesehatan jantung. Peningkatan oksida nitrat dalam darah bermanfaat dalam mengatasi tekanan darah tinggi, fungsi endotel, kekakuan arteri, fungsi trombosit, dan kinerja olahraga.

 

3 dari 6 halaman

2. Manfaat Anggur: Mencegah Kanker

Anggur mengandung senyawa organik yang dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker. Kandungan resveratol dalam anggur juga akan bekerja optimal dalam pencegahan dan pengobatan kanker.

Mengonsumsi anggur secara rutin dipercaya mampu menangkal sel jahat penyebab kanker paru-paru esophagus, kanker mulut, kanker faring, kanker rahim, kanker usus besar, kanker pankreas, hingga kanker prostat.

Berdasarkan penelitian dari National Cancer Institute, ekstrak pada kulit anggur merah mengandung polifenol yang sangat ampuh mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh.

 

4 dari 6 halaman

3. Manfaat Anggur: Mengatasi Gangguan Ginjal dan Asam Urat

Menurut penelitian yang tercantum dalam Journal of Experimental and Clinical Science, menunjukkan ekstrak buah anggur merupakan campuran polifenol yang menunjukkan sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang membantu mengatasi gangguan pada ginjal.

Kandungan mineral dalam anggur dapat mengurangi keasaman yang disebabkan asam urat dengan menginduksi buang air kecil. Mineral dalam anggur juga membantu menghilangkan asam urat, mengurangi stres, dan tekanan pada ginjal.

Anggur merah memiliki efek yang sangat membersihkan pada tubuh. Selain itu, antioksidan yang terkandung di dalamnya memberikan manfaat bagi sistem kekebalan tubuh secara menyeluruh.

 

5 dari 6 halaman

4. Manfaat Anggur: Menyehatkan Mata

Nutrisi yang terdapat dalam buah anggur dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mata secara menyeluruh. Buah tersebut bisa mencegah Anda dari rabun jauh atau dekat, menurunkan risiko kebutaan, dan terhindar dari katarak.

Selain itu, kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin dalam anggur dapat melindungi mata dari kerusakan akibat radiasi. Buah ini cocok bagi Anda yang menghabiskan waktu sehari-hari di depan komputer, handphone, atau televisi. Mengonsumsi buah ini secara teratur juga akan membantu mengurangi stres pada mata akibat melihat sinar yang terlalu terang.

 

6 dari 6 halaman

5. Manfaat Anggur: Menjaga Kesehatan Kulit

Mengonsumsi jus anggur secara rutin dapat meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit dari dalam. Selain itu, Anda juga bisa menjadikan anggur sebagai masker untuk perawatan kulit dari luar.

Berikut adalah manfaat anggur untuk kesehatan kulit:

  • Menghilangkan flek hitam
  • Mencerahkan kulit
  • Mengencangkan kulit
  • Mencegah kulit keriput
  • Membuat awet muda dan mencegah penuaan dini
  • Melembapkan kulit
  • Menghilangkan noda bekas jerawat

 

Sumber: Organic Facts

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Novie Rachmayanti/Editor: Yus Mei Sawitri, published 24/10/2019)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.