Sukses

4 Pemain Asia yang Pernah Menjadi Kandidat Peraih Ballon d'Or

Dari 30 nama yang ada, akhirnya Asia mempunyai wakil yang masuk dalam calon peraih penghargaan pemain terbaik dunia versi France Football

Jakarta - Majalah France Football telah mengumumkan daftar 30 kandidat pemenang Ballon d'Or 2019. Liverpool menjadi klub dengan wakil terbanyak dalam daftar tersebut.

Total ada tujuh pemain The Reds yang masuk daftar peraih Ballon d'Or 2019. Ketujuh pemain itu adalah Mohammed Salah, Sadio Mane, Georginio Wijnaldum, Roberto Firmino, Trent Alexander Arnold, dan Virgil van Dijk.

Keberhasilan Liverpool menjuarai Liga Champions 2018-2019 tentunya menjadi satu di antara alasan banyak pemain mereka masuk dalam kandidat peraih Ballon d'Or.

Klub Premier League lainnya yang mempunyai wakil pemain di ajang tersebut ialah Manchester City lima pemain, Tottenham Hotspur dua pemain, dan Arsenal satu pemain.

Satu di antara pemain tersebut ialah Son Heung-min dari Tottenham Hotspur. Son menjadi satu di antara pemain penting Spurs sepanjang musim 2018-2019.

Son Heung-min sukses mengantarkan The Lilywhite masuk final Liga Champions 2019. Sayang, Tottenham kalah dari Liverpool dengan skor 0-2.

Dari 30 nama yang ada, akhirnya Asia mempunyai wakil yang masuk dalam calon peraih penghargaan pemain terbaik dunia versi France Football. Kali terakhir Asia mempunyai wakil dalam daftar peraih Ballon d'Or ialah pada 2007.

Itu artinya selama kurang lebih 12 tahun tak ada pemain Asia yang masuk dalam daftar tersebut. Selain Son Heung-min, berikut 4 pemain Asia yang pernah masuk dalam daftar calon peraih Ballon d'Or.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Hidetoshi Nakata

Pemain pertama Asia yang masuk dalam daftar calon peraih Ballon d'Or ialah Hidetoshi Nakata asal Jepang pada 1998 dan 1999. Pada 1998 dan 1999, pemenang penghargaan tersebut ialah Zinedine Zidane dan Rivaldo.

Selama kariernya, Nakata bermain untuk tim-tim Eropa seperti Perugia, AS Roma, Parma, Bologna, Fiorentina bahkan Bolton Wanderers.

3 dari 5 halaman

2. Park Ji-sung

Mantan pemain Manchester United, Park Ji-sung, juga pernah masuk nomine peraih Ballon d'Or. Pemain asal Korea Selatan itu masuk daftar nominasi pada 2005.

Namun, pada saat itu Park Ji-sung sama sekali tak mendapatkan suara. Pemain yang mendapatkan Ballon d'Or 2005 ialah Ronaldinho.

Selama berkarier di sepak bola, Park Ji-sung pernah bermain untuk klub-klub Eropa seperti PSV Eindhoven, Manchester United hingga Queens Park Rangers.

4 dari 5 halaman

3. Shunsuke Nakamura

Setelah Hidetoshi Nakata, pemain Jepang lainnya yang masuk nominasi Ballon d'Or ialah Shunsuke Nakamura. Nama Nakamura pernah masuk daftar kandidat peraih Ballon d'Or pada 2007.

Seperti Park Ji-sung, Shunsuke Nakamura juga tak memeroleh satu suara pun. Saat itu, yang meraih gelar Ballon d'Or ialah pemain AC Milan, Ricardo Kaka.

Selama berkarier di sepak bola, Nakamura pernah bermain untuk Reggina, Celtic, Espanyol dan kini, di usianya yang ke-39 tahun, masih bermain untuk Jubilo Iwata.

5 dari 5 halaman

4. Younis Mahmoud

Pemain asal Irak, Younis Mahmoud, berhasil masuk nominasi peraih Ballon d'Or pada 2007. Younis Mahmoud dan Shunsuke Nakamura menjadi pemain Asia terakhir yang masuk dalam daftar kandidat peraih Ballon d'Or sebelum munculnya Son Heung-min.

Bedanya, kala itu Younis Mahmoud mendapatkan dua suara. Sementara, Nakamura tak mendapatkan poin.

Disadur dari Bola.com (Penulis Faozan Tri Nugroho / Yus Mei Sawitri, Published 24/10/2019)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.