5 Pesepak Bola Top Dunia yang Menjadi Pahlawan di Buku Komik

Oleh Bogi Triyadi pada 23 Okt 2019, 20:00 WIB
Diperbarui 24 Okt 2019, 11:16 WIB
Tangisan Neymar Usai Lawan Kosta Rika

Liputan6.com, Jakarta - Banyak pesepak bola top dunia yang menjadi insipirasi maupun idola bagi banyak orang. Tak hanya itu, mereka juga dianggap sebagai pahlawan.

Pele, misalnya. Pemilik nama lengkap ini Edson Arantes do Nascimento tersebut merupakan pahlawan bagi masyarakat Brasil. Pele membawa Brasil memenangkan trofi Piala Dunia sebanyak tiga kali, yakni pada 1958, 1962, dan 1970.

Sadar bahwa Pele memiliki talenta besar, pemerinta Brasil kemudian mengeluarkan keputusan resmi yang menyebut pemain Santos tersebut sebagai 'warisan nasional'. Hal ini membuat Pele tetap tinggal di Brasil dan klub-klub Eropa pun dipaksa gigit jari ketika itu.

Kisah Pele sempat diabadikan dalam komik berjudul Pele: The King of Soccer. Pele adalah sebagian kecil dari pesepak bola top dunia yang mendapat kehormatan untuk tampil di buku komik.

Berikut 5 pesepak bola top dunia yang merupakan pahlawan di buku komik seperti dikutip dari Sokka:

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 of 6

5. Pele - Pele: The King of Soccer

 

Pada Oktober 2017 lalu, Eddyy Simon menulis Pele: The King of Soccer yang diilustrasikan olen Vincent Brascaglia. Ini tentang biografi dalam format novel grafis legenda sepak bola Brasil, Pele.

Sebagai pesepak bola, Pele dianggap memiliki kisah yang luar biasa, indah, serta unik. Menurut Eddy, pemenang Piala Dunia 1958, 1962, dan 1970 itu adalah inspirasi bagi anak-anak.

3 of 6

4. Samuel Eto’o – Eto’o Fils: Naissance d’un Champion

Diilustrasikan sesama warga Kamerun, Joelle Esso, Samuel Eto’o telah mengubah kariernya menjadi komik strip penuh warna. Hal itu ada dalam buku komik semi-otobiografinya, Eto’o Fils: Naissance d’un Champion (Eto’o son: Birth of a champion).

"Saya ingin berbagi pengalaman dengan orang-orang muda," kata mantan bintang Barcelona itu.

4 of 6

3. Ronaldinho – Ronaldinho Gaucho

 

Ronaldinho Gaucho adalah komik strik yang dibuat oleh Mauricio de Sousa. Fiksi Ronaldinho Gaucho adalah karakter yang kekanak-kanakan yang memiliki sihir sepak bola dari namanya sendiri.

Komik strip ini dibuat pada 2006 lalu ketika Piala Dunia FIFA berlangsung di Jerman. Mereka mengadaptasinya menjadi serial TV animasi sebagai Team Tim Ronaldinho Gaucho.

5 of 6

2. Zlatan Ibrahimovic – Paris is well worth a Sheik

 

Gol spektakuler dan rambut kuncir kuda Zlatan Ibrahimovic telah diabadikan dengan tinta buku komik. Buku komik setebal 64 halaman itu menjadi perhatian publik saat Zlatan masih bermain di Paris Saint-Germain.

Buku komik tersebut berjudul dan berjudul: Paris is well worth a Sheik.

6 of 6

1. Neymar Jr. – Inked: Art Animates Life

Setelah menjadi pemain paling mahal di planet ini, Neymar sekarang telah pindah ke dunia buku komik. Bintang Paris Saint-Germain (PSG) itu telah meluncurkan seri buku komik superhero di mana tatonya memberinya kekuatan khusus.

 

 
 
 
View this post on Instagram

@gagamilanoworld

A post shared by 3n310ta 🇧🇷 👻 neymarjr (@neymarjr) on

 

Dalam buku itu, Neymar menggunakan tato magisnya untuk menyelamatkan saudara perempuan dari cengkeraman kartel kriminal misterius dengan ikatan supernatural dan klenik. Komik ini diluncurkan secara digital dalam empat bahasa, yakni Portugal, Spanyol, Prancis, dan Inggris.

 

"Sekarang saya memiliki kesempatan untuk membawa yang baru, modern, pengisahan cerita yang kuat melalui komik dan novel grafis untuk penggemar di seluruh dunia," kata Neymar bersemangat.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓