Demi Barcelona, Ronald Koeman Diizinkan Tinggalkan Timnas Belanda Lebih Cepat

Oleh Marco Tampubolon pada 21 Okt 2019, 17:30 WIB
Diperbarui 23 Okt 2019, 09:13 WIB
Intip Latihan Pemain Belanda Jelang Hadapi Irlandia Utara

Liputan6.com, Barcelona - Kontrak Ronald Koeman bersama timnas Belanda berlaku hingga Piala Dunia Qatar 2022. Namun Koeman bisa lebih cepat meninggalkan Tim Oranye bila Barcelona menginginkannya.

Koeman telah menangani timnas Belanda sejak Februari 2018 lalu. Namun mantan pemain timnas Belanda itu ternyata menyimpan keinginan untuk menangani Barcelona. Karena itu, Koeman tidak ingin statusnya sebagai pelatih timnas Belanda menghalangi mimpinya itu.  

Untuk itulah, dalam klausul kontraknya dengan Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB), Koeman mencantumkan klausul khusus. Menurut Direktur KNVB, Nico-Jan Hoogma, aturan tersebut memungkinkan Koeman untuk hengkang bila Barcelona membutuhkan jasanya. 

"Ronald (Koeman) sudah lama mengindikasikan kalau suatu saat ingin menjadi pelatih Barcelona. Mari kita lihat saja apa yang akan terjadi," kata Hoogma seperti dilansir AS. 

Sejauh ini belum ada tanda-tanda Barcelona bakal merekrut Koeman. Namun bila hal itu terjadi, maka Koeman bisa saja meninggalkan Tim Oranye setelah Piala Eropa 2020.

"Sukses bersama tim Oranya bakal membantu dia. Tapi sekali lagi, saya berharap proses bisa terus berlanjut ke dan termasuk Piala Dunia Qatar 2022," beber Hoogma. 

"Aturan tentang itu telah dibuat. Mereka (Barcelona) harus membayar untuk mendapatkannya. Berapa jumlahnya, saya tidak ingin membicarakan hal itu," ujarnya. 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 2 halaman

Perjalanan Koeman

Belanda Menang Telak Atas Jerman di Kualifikasi Euro 2020
Pelatih Belanda Ronald Koeman menginstruksikan pemainnya saat bertanding melawan Jerman pada pertandingan grup C kualifikasi Euro 2020 di Hamburg, Jerman (6/9/2019). Belanda menang telak 4-2 atas Jerman. (AFP Photo/Patrik Stollarz)

Ronald Koeman ditunjuk menangani timnas Belanda menggantikan Dick Advocaat yang mundur setelah gagal membawa tim Oranye menembus putaran final Piala Dunia 2018.

Di tangan Koeman, Belanda mulai bangkit. Bersama Koeman, timnas Belanda kini tinggal selangkah lagi melaju ke putaran final Piala Eropa 2022. Berada di grup C pada babak kualifikasi, Tim Oranye, masih memimpin dengan koleksi 15 poin dari enam pertandingan. 

Sebelum menangani timnas Belanda, Koeman juga pernah menjadi asisten pelatih di Barcelona (1998-2000). Dia juga pernah memperkuat tim asal Catalunya itu (1989-1995). Bersama Blaugrana, Koeman meraih sejumlah trofi termasuk 4 gelar La Liga, 1 gelar Copa del Rey, 3 gelar Super Copa Espana, 1 gelar European Cup, dan 1 European Super Cup.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Penampakan Mobil Baru Cristiano Ronaldo Senilai Rp 145 Miliar