Sukses

MU Vs Liverpool, Pesawat Bertuliskan Woodward Out Terbang di Atas Old Trafford

Manchester United (MU) versus Liverpool di Old Trafford berakhir 1-1, tapi laga diwarnai aksi protes besar-besaran suporter tuan rumah.

Liputan6.com, Manchester - Suporter Manchester United (MU) memanfaatkan bigmatch Liga Inggris kontra Liverpool di Old Trafford, Minggu (20/10/2019) untuk menyuarakan protes terhadap manajemen klub.

Aksi protes itu ditunjukkan dengan menerbangkan pesawat yang membawa tulisan "Ed Still Failing. Woodward Out" (Ed masih gagal. Woodward Keluar) di atas Old Trafford saat laga MU kontra Liverpool berlangsung.

Tulisan itu ditujukan kepada CEO dan Wakil Ketua Eksekutif MU, Ed Woodward, yang dinilai fans sebagai biang keladi merosotnya prestasi klub kesayangan mereka belakangan ini. MU musim ini juga dianggap yang terburuk sejak 1989-1990.

Selama pertandingan MU kontra Liverpool kemarin, sekelompok pendukung Setan Merah juga membawa banyak spanduk protes. Selain Ed Woodward, Keluarga Glazers juga jadi sasaran kekesalan fans MU.

Dalam salah satu spanduk fans itu menyebut "Glazers Out Woordward Out over 1B pound stolen from MUFC" (Glazers keluar. Woodward keluar. Sekitar 1B pound dicuri dari MUFC).

Keluarga Glazer telah mengambil alih MU sejak 2005. Sementara Woodward selama bertahun-tahun menjadi sasaran kritik, karena kebijakan transfernya yang dinilai merugikan tim dalam enam musim terakhir atau sejak Sir Alex Ferguson memutuskan pensiun pada 2013.

Woodward juga dituding hanya mementingkan bisnis semata dan sehingga MU jadi begitu komersial. Anggapan soal kebijakan Woodward bukan isapan jempol.

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pendapatan Terbesar

Sebuah data yang dirilis Deloitte Football Money League melaporkan bahwa MU menjadi klub dengan pendapatan terbesar ketiga di dunia pada musim 2017/2018 yakni sebesar 666 juta euro, berada di bawah Real Madrid (674,6 juta euro) dan Barcelona (648,3 juta euro).

Meski menerima pendapatan yang fantastis, tapi hal itu tidak sejalan dengan performa Setan Merah di lapangan. MU tidak lolos ke Liga Champions musim ini dan sekarang hanya berkutat di papan tengah klasemen Liga Inggris.

3 dari 3 halaman

Pernyataan Woodward

Kekesalan pendukung MU memuncak ketika dalam sebuah pertemuan dengan para pemegang saham klub tahun lalu, dia menyatakan, "penampilan yang bagus tidak memberikan dampak yang berarti untuk bisnis," seperti dilansir ESPN.

Pernyataan itu membuat pendukung MU semakin rajin melancarkan protes. Tuntutan utama fans MU adalah Keluarga Glazer dan Ed Woodward angkat kaki dari Old Trafford agar klub kembali mengutamakan kualitas di lapangan.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.