4 Fakta Klub Liga Italia Como 1907, Dulu Pernah Dimiliki Eks Gelandang Persib

Oleh Hesti Puji Lestari pada 19 Okt 2019, 21:40 WIB
Mirwan Suwarso

Como - Orang terkaya Indonesia, Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono, resmi jadi pemilik klub Liga Italia, Como 1907. Perusahaan keluarga Hartono tersebut membeli Como 1907 dengan harga yang relatif murah yakni, Rp5 miliar.

Como 1907 dibeli Hartono bersaudara dengan nama Sent Entertaimeny Ltd, perusahaan yang kini berdomisili di Inggris. Kepemilikan klub Liga Italia oleh pengusaha Indonesia bukan kali pertama terjadi.

Beberapa tahun lalu, pengusaha Erick Thohir juga pernah memiliki saham di klub Serie A Italia, Inter Milan. Berdasarkan laporan Il Sole 24 Ore, Erick Thohir membeli 70 persen kepemilikan klub Inter seharga 250 juta euro pada 2013.

Namun, pada 2016, ia memutuskan untuk menjualnya kepada perusahaan asal China, Sunning Group. Kini, penguasaha Indonesia kembali menjadi satu di antara pemilik klub Italia.

Laporan menyebut dua orang terkaya Indonesia itu membeli Como 1907 dengan keadaan yang tidak terawat. Bahkan, stadion mereka disebut tak layak pakai.

Di bawah anak perusahaan Djarum, Como 1907 diharapkan bangkit dan menjad klub yang disegani di Italia. Nama Como 1907 memang masih asing di telinga pecinta sepak bola Indonesia.

Jika Anda penasaran dengan klub Como 1907 yang baru saja resmi dibeli pengusaha asal Indonesia ini, Bola.com memberikan sederet informasinya soal klub Liga Italia ini.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 of 5

Klub Serie C

Serie A
Ilustrasi Logo Serie A. (AFP/Marco Bertorello)

Mungkin ini yang menjadi salah satu alasan nama Como 1907 jarang terdengar. Como 1907 kini berkompetisi di kasta ketiga Liga Italia (Serie C).

Pecinta sepak bola Indonesia jarang disuguhi pertandingan dari kompetisi kasta ketiga Italia tersebut.

3 of 5

Pernah Berlaga di Serie A

Serie A
Serie A. (dok. Lega Calcio)

Meski demikian, Como 1907 pernah berjaya di masanya. Pada 2002 dan 2003, klub asal Italia itu pernah mencicipi kerasnya kompetisi Serie A Italia.

Namun, performanya masih sangat jauh dari harapan. Como 1907 lantas mengalami degradasi selama tiga tahun beruntun. Kondisi tersebut membuat tim itu terseok di Serie C hingga sekarang.

4 of 5

Pernah jadi Milik Mantan Pemain Persib

Michael Essien
Marquee Player Persib Bandung, Michael Essien. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Mantan pemain Persib Bandung, Michael Essien, tercatat pernah menjadi pemilik Como 1907. Pada 2017, Essien dan sang istri, yakni Akousa Puni Essien,membeli klub tersebut.

Saat itu, Essien disebut ingin membantu Como 1907 yang sedang dalam masa kebangkrutan. Sayang, Como gagal masuk kualifikasi liga profesional di Italia karena tak memenuhi syarat yang ditentukan.

5 of 5

Legenda dari Como 1907

Marco Tardelli
Marco Tardelli

Meski melempem pada kompetisi, Como 1907 turut berkontribusi melahirkan bintang sepak bola Italia. Beberapa bintang Timnas Italia berasal dari klub kasta tiga Liga Italia tersebut.

Mereka seperti Marco Tardelli, Migjen Basha, Claudio Borhi, Hansir Muller, dan masih banyak yang lainnya.

Disadur dari Bola.com (Hesti Puji Lestari/Aning Jati, published 19/10/2019)

Lanjutkan Membaca ↓