Heroik, Mantan Atlet Rugby AS Gagalkan Aksi Penembakan di Sekolah

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 19 Okt 2019, 17:00 WIB
Keanon Lowe

Liputan6.com, Portland - Aksi heroik dilakukan oleh Keanon Lowe, mantan atlet rugby Amerika Serikat. Lowe yang kini menjadi guru penjaskes menyelamatkan muridnya di SMA Parkrose, Portland, Oregon, Amerika Serikat dari seorang siswa yang memegang pistol di dalam kelas.

Murid pembawa pistol itu diketahui bernama Angel Granados-Diaz, 19 tahun. Lowe yang melihat Diaz menodongkan pistol di dalam kelas langsung lompat untuk menghentikan aksi yang sempat diduganya teroris.

"Saya melihat raut wajah dan matanya, saya melihat pistol itu. Saya sadar pistol itu asli, kemudian insting saya bergerak," kata Lowe, yang pernah bergabung bersama tim rugby Oregon, dikutip dari News.com.au.

"Kemudian, saya menerjang dia, meletakkan kedua tangan saya di pistol. Sudah jelas siswa yang berada di ruang kelas kehabisan ruang gerak," ujar pria berusia 27 tahun itu melanjutkan.

Lowe bisa mengendalikan suasana ketika dia melumpuhkan Diaz. Setelah itu, dia melihat para muridnya yang berada di kelas bingung.

"Itu merupakan momen emosional bagi saya. Saya kasihan dengan Diaz, dia masih muda dan tidak menyadari apa yang dilakukannya sampai selesai," ucap mantan atlet rugby tersebut.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 of 4

Hukuman untuk Diaz

Dalam pengakuannya kepada pihak kepolisian, Diaz mengatakan aksinya bukan sebuah hal yang berbau teroris. Namun, dia mengakui kalau pistol itu miliknya pribadi, tapi tidak memiliki surat-surat yang sah.

Alhasil, Diaz mendapat hukuman percobaan penjara selama tiga tahun atas kepemilikan senjata api dan membuat kegaduhan di gedung publik.

"Saya katakan kepadanya, ini menjadi sebuah pelajaran yang harus dia jalani dalam kehidupan," ujar Lowe.

3 of 4

Aksi Heroiknya Viral

Di media sosial, aksi heroik Lowe yang menghentikan kejadian mencekam di SMA Parkrose itu viral sejak hari ini, Sabtu, 19 Oktober 2019. Dia pun mendapat banyak pujian dari netizen.

"Sangat heroik. Keanon Lowe melucuti seorang siswa yang membawa pistol ke sekolah," puji jurnalis lokal, Taylor Graham.

4 of 4

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓