Orang Terkaya di Indonesia Beli Klub Bermasalah di Italia

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 18 Okt 2019, 14:50 WIB
Mirwan Suwarso

Liputan6.com, Jakarta - Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono membeli sebuah klub Italia yang bermain di Serie C, Como 1907. Dua orang terkaya Indonesia itu membeli Como FC dengan nama Sent Entertainment Ltd.

Sent Entertainment Ltd, yang berdomisili di Inggris, dikendalikan oleh Bambang Hatono dan Robert Budi Hartono. Mereka merupakan bos perusahaan rokok kretek di Indonesia, Djarum, kekayaannya mencapai Rp 461 triliun.

Diakui oleh Mirwan Suwarso, perwakilan Mola TV yang merupakan salah satu usaha milik Djarum, kedua bosnya itu membeli klub bermasalah hingga dinyatakan sebagai klub bangkrut di Italia.

"Kita beli klub itu murah, tidak sampai Rp 5 miliar. Kalau istilah di sini seperti nebus di Pegadaian," katanya di Jakarta.

"Saat kita beli, klub ini memang benar-benar bermasalah. Di kelilingi mafia, pengaturan skor, hingga banyak tunggakan yang dibayar dari berbagai perusahaan Italia, listrik hingga air," ucapnya menegaskan.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 of 3

Aset Tak Terawat

Mirwan Suwarso
Direktur Pengembangan Bisnis Super Soccer TV, Mirwan Suwarso, memberikan keterangan pers terkait kerjasama di Foundry 8, Jakarta, Kamis (2/3/2017). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Lebih lanjut, Mirwan mengatakan, dua orang kaya Indonesia itu membeli Como 1907 dengan keadaan yang tidak terawat. Bahkan, diperlihatkan dalam film dokumenter yang tayang di Mola TV dengan judul: The American: Como 1907, stadion klub tersebut sudah tidak layak pakai.

"Pada 1 Juli lalu, tim ini tidak punya pemain sama sekali. Aset juga tidak keurus, kemudian kami poles lagi," ucapnya.

 

3 of 3

Tujuan Membeli Como

Dua pemilik Djarum itu membeli Como sebagai rumah bagi Garuda Select, program kerja sama antara Mola TV dengan PSSI.

"Tujuannya ini untuk rumah pelatihan Tim Garuda Select. Garuda Select enggak punya rumah di Inggris, sekarang mereka punya," katanya mengakhiri.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓