6 Pemain yang Pernah Dijual MU dengan Harga Mahal

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 17 Okt 2019, 19:00 WIB
Logo Manchester United

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) masih terkenal sebagai salah satu klub besar di dunia. Klub yang bermarkas di Old Trafford itu masih berstatus sebagai raja Liga Inggris.

Sebab, Setan Merah, sebutan MU, sudah memenangkan 20 gelar Liga Inggris. Belum ada yang mampu menyamai koleksi gelar mereka di Liga Inggris.

Selain itu, klub yang didirikan pada tahun 1878 tersebut juga sudah memenangkan tiga gelar Liga Champions. MU juga terkenal sebagai pencetak pemain mudah.

Beberapa pemain muda yang sempat terkenal bersama MU adalah Paul Scholes, David Beckham, Cristiano Ronaldo, Wayne Rooney, David De Gea, hingga Marcus Rashford.

Kendati demikian, MU juga gemar menjual pemain berlabel bintangnya. Berikut ada enam pemain yang dijual Setan Merah dengan harga mahal.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 of 7

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo - Timnas Portugal
Penyerang Timnas Portugal Cristiano Ronaldo. (AP Photo/Armando Franca)

Cristiano Ronaldo merupakan pemain termahal yang pernah dijual MU. Sayap asal Portugal itu dilepas ke Real Madrid dengan harga 80 juta pound atau Rp. 1,5 triliun pada tahun 2009.

Padahal MU hanya membelinya dari Sporting Lisbon dengan harga 12,2 juta pound pada tahun 2003. Namun penjualan itu dinilai pantas mengingat prestasi Ronaldo bersama Madrid saat ini.

 

 

3 of 7

Angel Di Maria

Barcelona, Neyrmar Jr, Paris Saint-Germain
Angel Di Maria. (AFP/Ian Kington)

Pada 25 Juli 2015, MU melepas Angel Di Maria kepada klub Prancis, Paris Saint-Germain (PSG) dengan mahar 44 juta pound. Kendati demikian, Setan Merah bisa dibilang rugi karena mereka membelinya dari Real Madrid seharga 59,7 pound pada 26 Agustus 2014.

Angel Di Maria dilepas manajer MU saat itu, Louis van Gaal karena dinilai gagal memenuhi ekspektasi. Selama semusim bersama Setan Merah, winger asal Argentina hanya mencatatkan empat gol dari 32 pertandingan di semua kompetisi.

 

4 of 7

David Beckham

David Beckham
David Beckham. (AFP)

Pemain kedua termahal yang pernah dijual MU adalah David Beckham. The Red Devils menjualnya ke Real Madrid dengan banderol hingga 25 juta pound pada tahun 2003.

Penjualan Beckham sangat menguntungkan dari sisi finansial karena ia merupakan produk asli akademi. Bersama Madrid, Beckham sukses menyumbangkan dua gelar.

 

5 of 7

Danny Welbeck

FOTO: Danny Welbeck Gemilang, Arsenal Bungkam Southampton
Danny Welbeck. (AFP/Glyn Kirk)

Welbeck menjadi pemain termahal keempat yang pernah dijual MU. Striker timnas Inggris itu dilego dengan harga 16 juta pound ke Arsenal pada musim panas lalu.

Penjualan Welbeck juga menguntungkan MU karena ia juga merupakan pemain binaan akademi MU. Manajer Louis van Gaal memutuskan menjual Welbeck karena stok striker yang berlimpah.

 

6 of 7

Jaap Stam

Bek Hebat Manchester United
Jaap Stam (Bek Tengah) - Pemain asal Belanda ini menjadi bek andalan Manchester United selama tiga musim pada tahun 1998-2001. (AFP/Adrian Dennis)

Penjualan Stam ke Lazio sempat menuai kontroversi pada tahun 2001. Pasalnya, ia dijual karena bertikai dengan Alex Ferguson.

MU menjual bek asal Belanda itu dengan harga 15,3 juta pound. Namun MU sendiri sudah mengambil keuntungan dari penjualan ini karena mereka membelinya hanya dengan harga 10,6 juta pound pada tahun 1998 dari PSV.

 

7 of 7

Juan Sebastian Veron

Pemain Argentina di Manchester United
Juan Sebastian Veron. (AFP/Paul Barker)

Walau masuk daftar pemain termahal yang pernah dijual, tapi MU tetap merugi dalam transfer Veron. Maklum ia hanya dijual dengan harga 15 juta pound ke Chelsea pada tahun 2003.

Padahal saat membelinya dari Lazio tahun 2001, MU merogoh kocek hingga 28,1 juta pound sekaligus menjadikan Veron pemain termahal di Inggris saat itu. Sayang, ia tak berkembang di Old Trafford dan membuat Alex Ferguson memutuskan untuk menjualnya dua tahun kemudian.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Kekaguman Lothar Matthaus Terhadap Mentalitas Timnas Jerman dan Maradona