Timnas Indonesia Dipermalukan Vietnam, Bachdim: Sebaiknya Kita Berkaca

Oleh Marco Tampubolon pada 16 Okt 2019, 11:34 WIB
Diperbarui 16 Okt 2019, 11:34 WIB
Timnas Indonesia Vs Malaysia
Perbesar
Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, tampak lesu usai ditaklukkan Malaysia pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Kamis (5/9). Indonesia takluk 2-3 dari Malaysia. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Gianyar - Timnas Indonesia kembali menelan kekalahan pada putaran kedua babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Menjamu timnas Vietnam di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (15/10/2019), Tim Merah Putih dipaksa menelan kekalahan dengan skor 1-3.

Ini menjadi kekalahan keempat yang dialami Timnas Indonesia pada ajang yang juga memperebutkan tiket menuju Piala Asia 2021 tersebut. Sebelumnya, pasukan Simon McMenemy dipaksa menyerah 2-3 oleh Malaysia, 0-3 oleh Thailand, dan 0-5 oleh UEA. 

Irfan Bachdim menjadi satu-satunya pemain Indonesia yang mampu menjebol gawang Vietnam, dalam laga kemarin. Pemain Bali United yang masuk di babak kedua itu menjebol gawang tim tamu usai mendapatkan umpan matang dari Riko Simanjuntak menit ke-84. 

Namun upaya Bachdim tidak banyak membantu. Sebab Vietnam sudah tiga kali menjebol gawang Indonesia lewat Do Duy Manh (26), Que Ngoc Hai (55'), dan Nguyen Tien Linh (61').

Bachdim sangat kecewa dengan kekalahan ini. Seperti dilansir vnexpress.net, jebolan Piala AFF 2010 itu berharap para pemain timnas Indonesia bisa lebih fokus ke depannya. 

"Kita harus berkaca dan melihat diri kita. Tim seharusnya bermain lebih fokus. Para pemain perlu tahu di ke mana bola akan bergulir," kata Irfan Bachdim usai pertandingan. 

 

2 dari 3 halaman

Hormati Vietnam

Timnas Indonesia Vs Vietnam di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (15/10/2019).
Perbesar
Timnas Indonesia Vs Vietnam di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (15/10/2019). (Bola.com/Muhammad Adiyaksa).

Bachdim tidak memungkiri bila Vietnam bermain baik dalam pertandingan kemarin. Namun menurutnya, timnas Indonesia seharusnya bisa mengimbangi itu bila bermain lebih fokus. 

"Vietnam sangat kuat. Saya menghormati mereka Tapi kalau saja pemain-pemain Indonesia bisa lebih fokus, tekun,, percaya diri, kami seharusnya bisa bertarung melawan Vietnam."

3 dari 3 halaman

Terpuruk di Dasar Klasemen

Timnas Indonesia Vs Vietnam di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (15/10/2019).
Perbesar
Timnas Indonesia Vs Vietnam di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (15/10/2019). (Bola.com/Muhammad Adiyaksa).

Kekalahan melawan Vietnam membuat posisi Indonesia semakin terpuruk di papan klasemen Grup G. Saat ini, pasukan Simon McMenemy berada di dasar klasemen tanpa satu poin pun. 

Sementara Vietnam berada di posisi kedua dengan 7 poin dari tiga pertandingan. Vietnam sejauh ini hanya kalah selisih gol dari pemuncak klasemen yang kini ditempati Thailand. 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Lanjutkan Membaca ↓