Neymar, Ronaldo, dan Deretan Pesepak Bola yang Rentan Cedera

Oleh Liputan6.com pada 15 Okt 2019, 08:10 WIB
Diperbarui 16 Okt 2019, 19:13 WIB
Neymar

Liputan6.com, Jakarta Cedera merupakan momok menakutkan bagi pesepak bola profesional. Bukan hanya membuat mereka tak bisa menunjukkan performa terbaik, tapi cedera juga tak jarang menjadi akhir dari karir seorang pesepak bola profesional.

Meskipun ada juga pesepak bola yang justru tampil gemilang setelah sembuh dari cedera. Namun, cedera tetap menakutkan bagi bintang lapangan hijau.

Terbaru, pemain termahal dunia, Neymar Jr, kembali mengalami cedera saat memperkuat Timnas Brasil dalam laga persahabatan melawan Nigeria, Minggu (14/10/2019), di Singapura.

Pada pertandingan tersebut, Neymar digantikan Philippe Coutinho pada menit ke-12. Sebelum ditarik keluar, Neymar terlihat memegangi kaki kirinya.

Tahun ini tampaknya menjadi yang terburuk sepanjang karier profesionalnya. Mantan pemain Santos FC itu sudah bolak-balik masuk ruang perawatan karena cedera.

Hingga saat ini, Neymar tercatat sudah 16 kali mengalami cedera. Dia juga tercatat sudah absen sebanyak 175 hari dan masih bisa bertambah.

Selain Neymar Jr, masih banyak pesepak bola yang sering mengalami cedera. Melansir dari Bola.com berikut pesepak bola yang sering menderita cedera dalam karirnya.

 

2 of 7

1. Ronaldo Luis Nazario da Lima

Legenda Timnas Brasil, Ronaldo Luis Nazario da Lima, pernah mengalami cedera parah selama berkarier di sepak bola. Pemain berjuluk Il Fenomeno itu menderita cedera lutut saat berseragam Inter Milan pada 1999.

Satu tahun berselang, Ronaldo kembali mengalami cedera, bahkan lebih parah daripada sebelumnya. Cedera tersebut membuat dirinya absen selama 18 bulan.

Cedera kembali menimpa Ronaldo saat bermain untuk AC Milan. Dia mengalami patah kaki dan harus berjuang dengan cedera lamanya.

 

3 of 7

2. Arjen Robben

Arjen Robben
Gelandang Bayern Munchen asal Belanda, Arjen Robben. (AFP/Christof Stache)

Pemain sayap asal Belanda, Arjen Robben, mempunyai karier yang cemerlang sebelum memutuskan pensiun. Namun, karier sepak bolanya pernah hancur saat dirinya mengalami rentetan cedera.

Saat itu, mantan pemain Chelsea dan Bayern Munchen itu dihantam berbagai macam cedera dan harus menghabiskan 1.200 hari di ruang perawatan.

 

4 of 7

3. Marco Van Basten

Ronaldo hingga Van Basten Hadiri The Best FIFA Football Awards 2019
Mantan penyerang AC Milan asal Belanda Marco Van Basten berpose saat tiba menghadiri The Best FIFA Football Awards 2019 di Teatro alla Scala di Milan (23/9/2019). (AFP Photo/Tiziana Fabi)

Pergelangan kaki tampaknya menjadi kelemahan terbesar Marco Van Basten. Bahkan, Van Basten juga harus menjalani berbagai macam operasi untuk menyembuhkan masalahnya tersebut.

Pada final Liga Champions 1993 melawan Marseile, Van Basten hampir tidak bisa berjalan sebelum Fabio Capello menggantikannya. Cedera parah yang dialami Marco Van Basten membuatnya pensiun pada usia 31 tahun.

 

5 of 7

4. Gareth Bale

Bantai Real Madrid, Ajax Melaju ke Perempat Final Liga Champions
Pemain depan Real Madrid Gareth Bale memberi isyarat kesakitan saat menghadapi Ajax Amsterdam pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Selasa (5/3). (JAVIER SORIANO/AFP)

Mantan pemain Tottenham Hotspur, Gareth Bale, juga pernah mempunyai masalah besar dengan cedera. Sejak bergabung dengan Real Madrid pada 2013, Bale sudah 17 kali cedera.

Terbaru, Gareth Bale dikabarkan mengalami cedera saat Timnas Wales berhadapan dengan Kroasia di Kualifikasi Piala Eropa 2020, Senin (14/10/2019) dini hari WIB.

Bale mengalami keram dalam laga tersebut. Namun, dia meminta untuk melanjutkan permainan hingga usai.

 

6 of 7

5. Marco Reus

Taklukkan Borussia Dortmund, AS Monaco Pastikan Tiket Semifinal Liga Champions
Bek AS Monaco, Almamy Toure, berusaha menenangkan striker Borussia Dortmund, Marco Reus usai laga berakhir. Lawan AS Monaco akan ditentukan lewat proses pengundian yang akan dilakukan pada Jumat (21/4/2017). (AFP/Valery Hache)

Pemain Borussia Dortmund, Marco Reus, merupakan satu di antara pemain yang kerap melewatkan kejuaraan besar. Kala itu, Reus harus mengubur mimpinya tampil di Piala Dunia 2014 dan Piala Eropa 2016 karena cedera.

Kemudian pada 2017, Reus harus absen selama 220 hari karena cedera ligamen lutut.

 

7 of 7

6. Radamel Falcao

Liga Champions
10. Radamel Falcao (Galatasaray / 12 Gol dari 27 laga Liga Champions) - Meskipun penampilannya tidak selalu konsisten tapi bomber asal Kolombia ini memiliki kualitas tingga sebagai bomber nomor sembilan. (AFP/Ozan Kose)

Karier Radamel Falcao terus meredup setelah mengalami cedera lutut ligamen pada 2014. Seperti halnya Marco Reus, Falcao juga harus melewatkan Piala Dunia 2014 karena cedera.

Falcao juga kembali berjuang dengan lutut dan Achilles saat dipinjamkan Chelsea ke AS Monaco.

Disadur dari Bola.net (penulis Afdholud Dzikry, published 14/10/2019).

Lanjutkan Membaca ↓