Sukses

Antusias Gowes Nusantara di Demak Melonjak Drastis

Jika tahun sebelumnya hanya dikisaran 2500 peserta, kini kegiatan Gowes Nusantara dikota Demak itu naik hampir tiga kali lipat.

Liputan6.com, Demak - Peserta Gowes Nusantara di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, melonjak drastis. Hal itu tercatat pada ajang yang diselenggarakan Kemenpora itu berlangsung Minggu (13/10/2019) dengan tajuk Ayo Bergerak, Dimana Saja dan Kapan Saja.

Pesertanya membludak hampir tiga kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya hanya dikisaran 2500 peserta, kini kegiatan Gowes Nusantara dikota Demak itu naik hampir tiga kali lipat, yakni mencapai 6000 sampai 7000, padahal Panpel mengaku hanya menargetkan 3000-an peserta yang ambil bagian.

Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Aris Subiono, mengatakan bahwa tingginya minat masyarakat mengikuti Gowes Nusantara ini sebagai bukti bahwa masyarakat Demak sudah memiliki tingkat kesadaran betapa pentingnya olahraga sebagai gaya hidup dalam upaya menunjang kebugaran.

"Gowes Nusantara sebagai salah satu program Kemenpora dalam upaya meningkatkan kebugaran pada diri masyarakat. Pemerintah dalam hal ini Kemenpora selalu mendorong lahirnya manusia-manusia unggulan, baik dari fisiknya maupun mental seperti yang tertuang dalam Nawa Cita pembangunan nasional yang digagas oleh Bapak Presiden Joko Widodo," kata Aris.

Lebih lanjut Aris menyebutkan jika tingkat kebugaran masyarakat Indonesia pada tahun 2018 lalu baru mencapai di angka 30 persen, sehingga diharapkannya pada tahun ini akan meningkat menjadi 40 persen.

Sementara itu Muhammad Natsir selaku Bupati Demak menyambut antusias pelaksanaan Gowes Nusantara untuk kedua kalinya ini. Ia menilai kegiatan ini sangat strategis untuk mengajak masyarakat berolahraga.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada Kemenpora yang kembali memberikan kesempatan dan kepercaaan kepada Kabupaten Demak untuk menggelar Gowes Nusantara untuk kedua kalinya. Kalau bisa Demak diberi kesempatan setiap tahun," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gemar Olahraga

Dia pun menjelaskan jika masyarakat Demak memang semakin gemar berolahraga, bukan saja di sektor anak-anak, remaja dan dewasa namun lanjut usia pun gemar berolahraga.

"Ini membuktikan kesadaran warga Demak untuk mendambakan hidup sehat sangat tinggi. Dengan tingkat kebugaran masyarakat Demak yang mulai membaik tentu akan berdampak pula pada proses pembangunan di Kabupaten Demak.Makanya dalam Gowes Nusantara tahun ini diambil tema ”Guyub Rukun Mbangun Demak," tambahnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.