Sukses

Caketum PSSI Dukung Penuh Tim Sepak Bola Amputasi Indonesia Jelang Kejuaraan Asia

Calon Ketua Umum (Caketum) PSSI, Vijaya Fitriyasa, ingin Tim Sepak Bola Amputasi Indonesia lebih mendapat perhatian, karena berpotensi meraih prestasi.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu Calon Ketua Umum (Caketum) PSSI, Vijaya Fitriyasa, menemani Tim Sepak Bola Amputasi Indonesia (INAF) berlatih tadi pagi (12/10/2019) sebelum mereka mengikuti Kejuaraan Asia di Kuala Lumpur 2020 mendatang.

INAF merupakan tim sepak bola para amputasian yang gemar mengolah si kulit bundar. Dengan kondisi tubuh yang tidak lengkap, mereka tetap membuktikan mampu berprestasi serta membawa harum nama bangsa.

Melihat prestasi tersebut, Vijaya tergerak untuk memberikan dukungan langsung kepada tim INAF. Ia berjanji akan lebih memperhatikan tim disabilitas tersebut jika terpilih menjadi Ketum PSSI.

"Saya secara pribadi ingin memotivasi teman-teman pesepak bola kita yang punya keterbatasan atau disabilitas. Selama ini mereka dalam menjalani hidup mungkin sering mendapat pelecehan atau bullying, terus minder," kata Vijaya di Lapangan RS Dr Sutoyo, Jakarta Selatan. 

"Kita harapkan dengan ini bisa menambah semangat hidup mereka beraktivitas walaupun ada keterbatasan. Apalagi tahun depan mereka akan ikut kejuaraan Asia di Kuala Lumpur," tambah pria yang telah lolos verifikasi KP PSSI ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rencana Bikin Liga

Dukungan yang akan diberikan PSSI jika ia terpilih salah satunya yaitu fasilitas. Di mana INAF sejauh ini kerap kesulitan mendapatkan fasilitas bagus, terutama lapangan untuk latihan. 

"Mereka rencananya kan mau bikin liga di beberapa daerah, kita akan coba fasilitasi. Selama ini kan PSSI hanya fokus kepada sepak bola biasa. Untuk disabilitas ini karena baru, jadi PSSI belum memberikan perhatian, tapi saya harap ke depan PSSI bisa memberikan lebih," paparnya.

3 dari 3 halaman

Kasih Akses

"Kita nanti prinsipnya PSSI hanya memberikan dukungan, INAF ini kan induknya tetap ke NPC. Kita beri dukungan misalnya fasilitas, memberikan kesempatan berlatih dan bermain di lapangan bagus. Karena selama ini kendalanya enggak ada lapangan bagus. Kita coba kasih akses, karena kebutuhan lapangannya berbeda, nanti kita coba kasih akses untuk itu," pungkasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.