Fellaini: Manchester United Buat Kesalahan Saat Pecat Mourinho

Oleh Aditya Wicaksono pada 13 Okt 2019, 08:10 WIB
Manajer Manchester United, Jose Mourinho

Manchester - Mantan pemain Manchester United, Maroune Fellaini, mengatakan kalau klub telah melakukan kesalahan dengan memecat Jose Mourinho. Fellaini yakin kalau Mourinho adalah manajer yang tepat untuk Manchester United.

Jose Mourinho kehilangan pekerjaannya pada Desember 2018. Manchester United menunjuk Ole Gunnar Solskjaer sebagai pengganti.

Pada awalnya, Solskjaer efektif membangkitkan performa Manchester United. Namun pada akhirnya, Solskjaer mulai kelimpungan untuk menjaga keseimbangan skuatnya.

Fellaini mengatakan kalau Manchester United telah melakukan kesalahan yang besar dengan memecat Mourinho.

“Manchester United mendatangkan satu di antara manajer terbaik di dunia, Jose Mourinho. Mereka memintanya untuk membangun skuat, lalu memecatnya,” ujar Fellaini.

“Tak mudah untuk membangun tim dari nol. Setidaknya, Jose Mourinho membutuhkan lebih dua tahun untuk membangun tim dan menyamai level Sir Alex Ferguson.”

“Saya tidak tahu apa yang akan terjadi dengan Ole Gunnar Solskjaer. Namun, satu hal yang saya yakin ia membutuhkan paling tidak hingga tiga musim untuk membangun skuat.”

“Mourinho telah melakukan hal yang hebat pada musim pertamanya di Manchester United. Namun, ia melewati musim kedua yang lebih sulit. Kemudian pemecatan itu terjadi.”

“Sangat sulit bagi Manchester United untuk bangkit jika pola seperti terulang terus,” ungkap Fellaini.

Saat ini, Manchester United terpuruk pada klasemen sementara Premier League. Manchester United hanya berjarak dua poin dari klub yang berada di zona merah.

2 of 2

4 Manajer Manchester United setelah Sir Alex Ferguson

Sir Alex Ferguson
Mantan manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson. (AFP/Paul Ellis)

Manchester United masih kesulitan untuk mencari suksesor yang sepadan untuk Sir Alex Ferguson. Sejak Fergie mundur, Manchester United telah ditangani empat manajer berbeda.

Hanya Louis van Gaal yang berhasil menyelesaikan musim lalu kehilangan pekerjaannya di Manchester United. Manajer lainnya, selalu dipecat ketika musim kompetisi belum berakhir.

David Moyes kehilangan pekerjaannya ketika belum genap satu musim, ia digantikan oleh Ryan Giggs yang menjadi pelatih interim.

Setelah itu, Manchester United ditangani Louis van Gaal. Ia bertahan selama dua musim, sebelum digantikan Jose Mourinho pada 2016.

Terakhir, Solskjaer mengambil alih posisi manajer dari Mourinho. Saat ini, Solskjaer sudah mengalami ancaman pemecatan.

Sumber: Metro

Disadur dari Bola.com (Aditya Wicaksono/Wiwig Prayugi, published 12/10/2019)

Lanjutkan Membaca ↓