Deretan Ritual Aneh Pesepak Bola Eropa, Potong Rambut Hingga Pipis di Lapangan

Oleh Hesti Puji Lestari pada 12 Okt 2019, 18:00 WIB
Ilustrasi Sepak Bola

Jakarta - Sejarah mencatat, sejumlah pemain sepak bola top Eropa memiliki ritual aneh sebelum pertandingan. Kabarnya, ritual tersebut dilakukan demi menambah kepercayaan diri sang pemain.

Tak jarang beberapa ritual yang dilakukan memicu keheranan pencinta sepak bola seluruh dunia. Bagaimana tidak, sederet pesepak bola melakukan ritual yang disebut tak masuk akal.

Legenda Chelsea, John Terry, misalnya. Mantan kapten fenomenal The Blues itu selalu duduk di bangku bus yang sama sebelum pertandingan.

Terry juga selalu menggunakan toilet yang sama dan memarkir mobil di tempat yang sama sejak satu minggu sebelum menjalani laga. Menurutnya, keteraturan di kehidupan sehari-hari akan membawa konsistensi bermain di lapangan.

Bagaimanapun, setiap pemain sepak bola berhak mendapat kesempatan untuk membangun rasa percaya diri sebelum pertandingan. Sebab, dengan kepercayaan diri yang dibangun, besar kemungkinan mereka akan tampil apik di lapangan.

Berikut ini Bola.com menghimpun lima ritaul unik yang dilakukan pemain sepak bola Eropa menjelang pertandingan.

2 of 7

1. Gary Neville (Barang yang Sama)

img_mu-leeds.jpg
Gary Neville saat masih memperkuat Manchester United. (AFP PHOTO/PAUL ELLIS)

Garry Neville ternyata memiliki ritual aneh jelang pertandingan. Mantan pemain Manchester United itu hampir selalu menggunakan barang seperti ikat pinggang atau sepatu yang sama, selama satu musim penuh.

Neville disebut percaya bahwa barang yang sama akan memberi keberuntungan yang baik.

3 of 7

2. Sergio Goycochea (Pipis di Lapangan)

Legenda klub River Plate, Sergio Goycovhea, juga memiliki ritual aneh jelang pertandingan. Kiper andalan klub era 1980-an itu disebut selalu kencing di lapangan.

Goycochea mengklaim menahan kencing hanya akan membuat kiper tak fokus dalam menjaga gawang.

4 of 7

3. David James (Emoh Bicara)

Mantan kiper Timnas Inggris, David James, tampaknya menjadi pesepak bola yang memiliki ritual paling aneh. James bakal puasa bicara dengan semua orang sebelum turun ke lapangan.

Bukan hanya emoh bicara dengan rekan satu timnya, David James juga akan mendiamkan pelatihnya untuk sementara waktu.

5 of 7

4. Jermain Defoe (Memotong Rambut)

Jermain Defoe
Jermain Defoe (Glyn KIRK / AFP)

Jermain Defoe merupakan striker andalan Ranger FC. Pemain berusia 37 tahun itu percaya kalau memotong rambut sebelum pertandingan akan membuatnya terhindar dari cedera.

6 of 7

5. Phil Jones (Memakai Kaus Kaki)

Pemain Manchester United, Phil Jones, merayakan gol yang dicetak Paul Pogba ke gawang Fulham. (AFP/Ian Kington)
Pemain Manchester United, Phil Jones, merayakan gol yang dicetak Paul Pogba ke gawang Fulham pada laga Premier League di Stadion Craven Cottage, London, Sabtu (9/2). Fulham kalah 0-3 dari MU. (AFP/Ian Kington)

Lagi-lagi ada mantan pemain Manchester United yang memiliki ritual aneh jelang pertandingan. Dia adalah Phil Jones.

Bek Setan Merah itu selalu memakai kaus kaki sebelah kiri terlebih dahulu. Namun, ritual tersebut hanya dilakukan kala Manchester United menjalani laga kandang.

7 of 7

6. John Terry (Toilet dan Bangku yang Sama)

John Terry & Wayne Bridge
John Terry (kanan) saat memperkuat Chelsea. (AFP/Olly Greenwood)

Legenda Chelsea, John Terry, juga memiliki ritual aneh dan lucu. Ia akan menggunakan toilet yang sama sebelum pertandingan dimulai.

John Terry juga akan duduk di tempat yang sama di bus tim. Menurut Terry, konsistensi tersebut akan membawa keberuntungan tersendiri.

Disadur dari: Bola.com (penulis Hesti P, editor Yus Mei, published 12/10/2019)

Lanjutkan Membaca ↓