Sukses

Hattrick ke Gawang Timnas Indonesia, Bomber UEA Merasa Belum Maksimal

Striker UEA, Ali Mabkhout, sukses menjebol gawang Timnas Indonesia tiga kali dalam kemenangan 5-0 di laga kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Dubai - Ali Mabkhout kembali menjadi sorotan dalam laga putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Pada Kamis malam (10/10/2019) striker Timnas Uni Emirat Arab (UEA) itu mencetak hattrick ke gawang Timnas Indonesia.

Ali Mabkhout membobol gawang Timnas Indonesia masing-masing pada menit ke-51, 63' (penalti), dan menit ke-72.

Pada laga Timnas Uni Emirat Arab sebelumnya, yakni melawan Malaysia di Stadion Nasional, Bukit Jalil (10/9/2019), striker milik klub Al Jazira itu juga memborong dua gol kemenangan 2-1 atas tim tuan rumah.

Secara khusus, trigol yang dilesakkan Ali Mabkhout ke gawang Wawan Hendrawan saat UEA menghajar Timnas Indonesia dengan skor 5-0 itu membuat striker berusia 29 tahun itu kini jadi memecahkan rekor sebagai pencetak gol terbanyak untuk Timnas UEA.

Khaleej Times menulis, tambahan tiga gol itu membuat Ali Mabkhout kini mengoleksi total 54 gol dari 76 penampilan bersama Timnas UEA. 

Ali Mabkhout, yang menjalani debut di Timnas UEA pada usia 19 tahun, satu bulan, dan 10 hari di bawah era pelatih Srecko Katanec, berhasil melewati catatan seniornya, Adnan Al Talyani.

Sebelum rekor itu dipecahkan Ali Mabkhout, Adnan Al Talyani mencatatkan 52 gol dalam 161 penampilan bersama Timnas Uni Emirat Arab.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

UEA Belum Maksimal

Sementara itu, setelah pertandingan menjamu Timnas Indonesia, Ali Mabkhout melontarkan pernyataan menarik. Striker dengan tinggi badan 181 cm itu menganggap UEA masih belum menampilkan kekuatan terbaik mereka.

Padahal, seperti diketahui, tim asuhan pelatih Bert van Marwijk itu terbilang pesta gol alias menang telak atas Indonesia dengan skor 5-0.

"Kami belum menunjukkan kekuatan penuh kami," kata Mabkhout seperti dikutip dari Dubai Sports TV.

Bisa dimaklumi karena setidaknya selama 40 menit di babak pertama, UEA kelihatan kesulitan mencetak gol ke gawang Indonesia. Baru setelah Khalil Ibrahim memanfaatkan blunder Wawan Hendrawan pada menit ke-41, keran gol UEA mulai deras.

Ali Mabkhout juga merendah, sesudah mencatatkan rekor baru sebagai pencetak gol terbanyak untuk Timnas UEA.

"Penampilan saya buat timnas lebih penting ketimbang koleksi gol saya," ujarnya. 

Kontribusi Ali Mabkhout ini membawa Timnas Uni Emirat Arab kini menduduki puncak klasemen sementara Grup G dengan torehan enam poin, memasukkan tujuh gol, lima gol di antaranya dicetak striker bernomor punggung tujuh itu, dan kemasukan satu gol.

Sumber: Dubai Sports TV

Disadur dari Bola.com (Aning Jati/Aditya Wicaksono, published 11/10/2019)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.