Sukses

Lolos Verifikasi KP, Vijaya Fitriyasa Punya Misi Kembalikan Kepercayaan Publik kepada PSSI

Vijaya Fitriyasa salah satu alon ketua umum, wakil ketua umum, dan komite eksekutif (Exco) yang lolos verifikasi Komite Pemilihan (KP) PSSI.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Vijaya Fitriyasa muncul dalam daftar salah satu calon ketua umum, wakil ketua umum, dan komite eksekutif (Exco) yang lolos verifikasi Komite Pemilihan (KP) PSSI, yang dipimpin Syarif Bastaman.

Sosoknya mungkin belum banyak dikenal khalayak luas di dunia sepak bola tanah air. Namun, pengusaha bidang minyak dan gas (migas) tersebut sebelumnya telah memiliki klub yang tercatat sebagai anggota Asprov PSSI DKI Jakarta. Klub tersebut bernama Jakarta United Football Club (JUFC) yang pada 2018 berkiprah di Liga 3 Indonesia zona DKI dan menjadi juara.

Selain itu, Vijaya juga telah mengakusisi 70 persen dari total saham di perusahaan Persis Solo, yakni PT Persis Solo Saestu (PSS). Sebanyak 20 persen saham milik Sigid Haryo Wibisono, dan 10 persen lainnya milik klub yang menjadi anggota Persis.

Bukti keseriusan Vijaya untuk mengelola Persis Solo, adalah siap menggelontorkan dana yang cukup besar, yakni Rp 60 Miliar, dengan target promosi ke Liga 1. Vijaya mengaku punya mimpi memimpin PSSI.

"Saya ingin mengembalikan kepercayaan publik terhadap PSSI. PSSI harus dikelola secara profesional, sesuai tuntutan sebagai industri dan entitas bisnis," kata Vijaya dalam rilis yang diterima wartawan.

Dengan memiliki mimpi tersebut, Vijaya juga menginginkan PSSI memiliki badan audit internal dan independen serta ia akan menggaji pengurus PSSI dengan layak agar jauh dari permainan pengaturan skor, yang saat ini menjadi momok bagi kemajuan sepak bola nasional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wujudkan Mimpi

Dia berharap membawa kemajuan untuk sepak bola Indonesia  di masa depan, dan sepak bola harus dibangun agar mampu sejajar dengan negara-negara lain, khususnya negara Asia. Dia berkeinginan Indonesia mampu menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia.

Untuk mewujudkan mimpi dan tekad itu, Vijaya mengaku sudah berkomunikasi dengan sejumlah pengusaha nasional agar mendukung klub sepak bola dan PSSI, serta berdiskusi tentang gagasan untuk memajukan persepakbolaan nasional. Simak profil singkat sosok Vijaya Fitriyasa di bawah ini.

 

3 dari 3 halaman

Profil Vijaya Fitriyasa

Pria kelahiran Jakarta 15 Oktober 1974 ini adalah pengusaha sukses di bidang pertambangan dan migas (energi). Sejak 2011, beliau membentuk Jakarta United yang juara 1 di Liga 3 DKI. Beliau juga mengelola Jakarta Academy Football. Tahun 2012 hingga sekarang, beliau masih menjadi Penasehat Sukabumi 28.

Berikut profil dirinya:

KARIR BISNIS

1999-2001 Tabloid Agenda (pimpinan umum)

2001-2004 PT. Indoconsult, Jakarta (partner)

2004-2006 PT. Multi Kontrindo Perkasa, Jakarta (president director)

2006-2008 Global Patra International, Singapura (managing director)

2008-2012 PT. Bumi Karya Artha, Jakarta (consultant)

2010-2012 PT. Sarana Yudha Perkasa, Jakarta (consultant)

2012-2014 PT. Perth Scientific, Jakarta (consultant)

2014-2017 PT. Taruko Energy, Jakarta (director)

2016-sekarang PT. Geopetro Daya Nusa (president commisioner)

2016-sekarang PT. Bintang Samudra Timur (president commisioner)2016-sekarang PT. Minerba Trada Utama (president commisioner)

ORGANISASI

2002-2004 Pusat Badan Kejuruan Mesin, Persatuan Insinyur Indonesia (pengurus)

2008-2012 Dewan Tani Indonesia (bendahara umum)

2012-2014 Asosiasi Pemasok Batubara dan Energi Indonesia (wakil sekjen)

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.