Timnas Indonesia Berambisi Kalahkan UEA, Ini Komentar Bert van Marwijk

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 10 Okt 2019, 11:35 WIB
Konferensi pers UEA Vs Timnas Indonesia di Dubai, Rabu (9/10/2019).

Dubai - Timnas Uni Emirat Arab (UEA) akan bertemu Timnas Indonesia pada partai ketiga Grup G putaran kedua kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Stadion Al Maktoum, Dubai, Kamis (10/10/2019).

Pelatih Timnas Uni Emirat Arab (UEA), Bert van Marwijk, memilih untuk tidak ambil pusing menyusul pernyataan Simon McMenemy yang ingin membawa Timnas Indonesia mengalahkan timnya.

Pada konferensi pers sebelum pertandingan, McMenemy optimistis Timnas Indonesia dapat bangkit setelah menelan dua kekalahan beruntun pada dua partai awal Grup G dari Malaysia 2-3 dan Thailand 0-3.

"Ini akan menjadi tantangan buat kami mengahadapi UEA di markasnya. Tapi, kami percaya kami bisa berkembang dan menerima tantangan itu dengan baik. Tentu, butuh kerja keras jika ingin meraih hasil positif," kata McMenemy.

Masih di kesempatan yang sama, Hansamu Yama selaku pemain Timnas Indonesia yang menemani McMenemy pada prosesi tanya-jawab dengan wartawan punya pandangan mirip. Dengan penuh kepercayaan diri, bek berusia 24 tahun ini menilai timnya punya peluang untuk mencuri tiga poin dari tuan rumah.

"Ini akan menjadi laga tandang kami yang tentunya tidak akan mudah. Namun, UEA tidak mungkin tidak dapat dikalahkan," imbuh Hansamu yang menjalani debut di Timnas Indonesia senior pada Piala AFF 2016 itu.

2 of 3

Reaksi Santai Van Marwijk

Timnas UEA
Timnas UEA (dok. UFA)

Van Marwijk merespons pernyataan keduanya, terutama McMenemy, dengan santai. Pelatih asal Belanda ini menganggap target tersebut wajar dikemukakan oleh seorang pelatih.

"Setiap pelatih datang untuk menang dan buat saya itu tidak masalah. Dan pernyataan itu tidak akan memengaruhi atau mengurangi moral pemain saya," imbuh Marwijk dinukil dari laman Federasi Sepak Bola UEA, UAEFA.

3 of 3

TC di Bahrain

Drama Adu Penalti, Timnas Indonesia Tumbang dari UEA di Asian Games 2018
Pemain Uni Emirat Arab (UEA) melakukan selebrasi usai membobol gawang Indonesia pada Asian Games 2018 di Stadion Wibawa Mukti, Jawa Barat, Jumat (24/8). Indonesia kalah dari UEA lewat drama adu penalti. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

UEA bermodalkan kemenangan tandang 2-1 atas Malaysia pada laga pertama Grup G sebelum menjamu Timnas Indonesia. Sebagai bentuk keseriusan, Omar Abdulrahman dan kawan-kawan bahkan sampai ditempa dalam pemusatan latihan di Austria dan Bahrain.

"Saya menghormati Timnas Indonesia dan tidak ingin meremehkan. Kami harus bermain dengan cara kami yang telah kami latih di pemusatan latihan, baik itu di Austria dan Bahrain atau sekarang di Dubai," tutur juru taktik berusia 67 tahun itu.

 

Disadur dari Bola.com (Muhammad Adiyaksa/Wiwig Prayugi, Published 10-10-2019)

Lanjutkan Membaca ↓