Pilih Stefano Pioli, AC Milan bakal Jatuh ke Lubang yang Sama Dua Kali?

Oleh Luthfie Febrianto pada 09 Okt 2019, 13:43 WIB
Stefano Pioli

Liputan6.com, Milan - AC Milan baru saja memecat Marco Giampaolo (52) dari kursi pelatih. Kabarnya, klub berjuluk Rossoneri itu tengah menyiapkan Stefano Pioli sebagai pengganti.

AC Milan memecat Giampaolo bukan tanpa alasan. Performa buruk Gianluigi Donnarumma dan kawan-kawan di kompetisi domestik menjadi penyebabnya.

Dari tujuh kali bermain, AC Milan kalah empat kali dan hanya meraih tiga kemenangan. Juara tujuh kali Liga Champions itu pun terdampar di peringkat ke-13 dengan koleksi 9 poin.

Padahal, AC Milan memasang target kembali ke zona Eropa untuk musim depan. Demi mengejar target itu, manajemen AC Milan pun akhirnya memecat Giampaolo.

Namun pilihan yang jatuh kepada Pioli juga tak bisa dibilang tepat. Itu juga melihat jejak-rekam Pioli selama berkarier sebagai pelatih.

Pioli menjadi pelatih sejak 2003 dengan membesut Salernitana. Sejak saat itu, ia telah melatih 12 klub.

Dari 12 klub itu, presentase kemenangan Pioli paling tinggi hanya 62,50 persen. Itu terjadi saat ia membesut Modena di musim 2006/07.

Sayangnya, presentase itu dihasilkan hanya dari 16 pertandingan. Dari 16 laga itu, Pioli meraih 10 kemenangan, 5 hasil imbang, dan 1 kekalahan.

Presentase kemenangan tertinggi kedua tercipta saat menukangi Inter Milan yakni 51,85 persen. Namun lagi-lagi, itu hanya dihasilkan dari 27 pertandingan di musim 2016/17,

Jelas, hasil itu bukan rapor bagus untuk melatih klub sekelas AC Milan.

 

 

2 of 3

Dana Terbatas dan Protes Fans

Pelatih AC Milan, Marco Giampaolo.
Marco Giampaolo baru saja dipecat AC Milan. (AP Photo/Mary Schwalm)

Di sisi lain, beredar rumor AC Milan sebetulnya ingin mendatangkan Luciano Spalletti. Namun keterbatasan dana akhirnya membuat AC Milan urung mendatangkan eks pelatih AS Roma tersebut.

Kebetulan, Pioli saat ini sedang menganggur. Ia terakhir kali menukangi Fiorentina sebelum dipecat April lalu.

Sementara itu, pemilihan Pioli mengundang protes dari para fan. Tanda pagar (tagar) #pioliout sudah bergema di dunia maya.

Pioli sendiri belum diresmikan sebagai pelatih baru AC Milan. Namun ia jelas punya pekerjaan rumah berat jika akhirnya terpilih.

3 of 3

Lima Laga AC Milan Berikutnya

Senin 21 Oktober 2019

AC Milan vs Lecce

Senin 28 Oktober 2019

AS Roma vs AC Milan

Jumat 1 November 2019

AC Milan vs SPAL

Senin 4 November 2019

AC Milan vs Lazio

Senin 11 November 2019

Juventus vs AC Milan

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by