3 Duel Istimewa Uni Emirat Arab Vs Timnas Indonesia

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 09 Okt 2019, 11:20 WIB
UEA vs Indonesia

Jakarta Timnas Indonesia termasuk jarang menghadapi Uni Emirat Arab (UEA). Selama ini, kedua negara hanya pernah bertemu lima kali. Dua di turnamen Piala Merdeka, dua kali di Asian Games, dan sekali di Piala Asia.

Dari rekor pertemuan kedua tim, tidak ada yang mendominasi. UEA menang tiga kali, dengan dua pertandingan sisanya memihak Timnas Indonesia.

Pertemuan keenam kedua negara bakal terjadi pada partai ketiga Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Pertandingan tersebut akan berlangsung pada Kamis (10/10/2019) di Stadion Al Maktoum.

Saat ini, UEA berada di peringkat kedua Grup G. Tim berjulukan The Falcons mengumpulkan tiga poin hasil dari sekali kemenangan 2-1 atas Malaysia.

Adapun, Timnas Indonesia berada di dasar klasemen. Skuat besutan Simon McMenemy masih nihil poin dari dua pertandingan menyusul kekalahan 2-3 dari Malaysia dan 0-3 dari Thailand.

Bola.com mencoba merangkum tiga pertemuan seru antara UEA dengan Timnas Indonesia:

2 of 4

Timnas Indonesia 5-2 UEA di Piala Merdeka 1981

Timnas Indonesia Vs Malaysia
Gelandang Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly, berusaha mengamankan bola saat melawan Malaysia pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Kamis (5/9). Indonesia kalah 2-3 dari Malaysia. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Pertemuan pertama Timnas Indonesia dengan UEA terjadi pada Piala Merdeka 1981. Ketika itu, Skuat Garuda berhasil berpesta gol 5-2.

Piala Merdeka 1981 diikuti oleh 11 tim dengan dibagi ke dua grup. Meski mampu menang 5-2 atas UEA, Timnas Indonesia gagal lolos ke babak berikutnya.

3 of 4

Timnas Indonesia 2-2 (4-3) UEA di Asian Games 1986

Main di GBK, Timnas Indonesia Kembali Dipermalukan Thailand
Penyerang Timnas Indonesia, Alberto Goncalves (tengah) mencoba lolos dari kawalan pemain Thailand, Manuel Tom Bihr pada laga Grup G Penyisihan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Utama GBK, Jakarta, Selasa (10/9/2019). Indonesia kalah 0-3. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Timnas Indonesia bersua UEA pada babak delapan besar Asian Games 1986. Kedua tim bermain 1-1 pada waktu normal setelah gol Ricky Yacobi disamakan oleh Khalil Ghanim.

Pertandingan terpaksa dituntaskan melalui perpanjangan waktu dan UEA berhasil mengembalikkan keadaan menjadi 2-1.

Namun, muka Timnas Indonesia terselamatkan berkat tendangan keras dari Jaya Hartono. Pertandingan berakhir 2-2 dan diselesaikan melalui adu penalti.

Pada babak tos-tosan, Timnas Indonesia secara dramatis menang 3-2 dan melaju ke semifinal. Hanya saja, Skuat Garuda takluk 0-4 dari Korea Selatan pada babak semifinal.

4 of 4

Timnas Indonesia 2-2 (3-4) UEA di Asian Games 2018

Drama Adu Penalti, Timnas Indonesia Tumbang dari UEA di Asian Games 2018
Pemain Uni Emirat Arab (UEA) melakukan selebrasi usai membobol gawang Indonesia pada Asian Games 2018 di Stadion Wibawa Mukti, Jawa Barat, Jumat (24/8). Indonesia kalah dari UEA lewat drama adu penalti. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Pertarungan seru lainnya yang melibatkan Timnas Indonesia antara UEA berlangsung pada babak 16 besar Asian Games 2019. Kedua tim bermain dengan skuat level usia U-23.

UEA unggul lebih dulu melalui Zayed Al-Ameri pada menit ke-20 via penalti sebelum disamakan oleh Alberto Goncalves pada menit ke-52.

UEA kembali mencetak gol dengan orang yang sama melalui skema yang serupa pula pada menit ke-65. Namun, Timnas Indonesia berhasil memaksa pertandingan dilanjutkan ke perpanjangan waktu setelah Stefano Lilipaly membuat gol pada menit ke-90+5.

Saat perpanjangan waktu, kedua tim gagal menambah gol. Memasuki babak adu penalti, Timnas Indonesia kalah 3-4 dari UEA.

Disadur dari Bola.com (Muhammad Adiyaksa/Wiwig Prayugi, published 9/10/2019)

Lanjutkan Membaca ↓