Rossi Isyaratkan Pembalap Ini Jadi Penggantinya di Yamaha

Oleh Defri Saefullah pada 07 Okt 2019, 16:00 WIB
Diperbarui 07 Okt 2019, 16:58 WIB
Valentino Rossi

Liputan6.com, Buriram- Valentino Rossi kembali menuai hasil mengecewakan di MotoGP 2019. Untuk ke-12 kalinya secara beruntun musim ini, Rossi gagal merebut podium.

Pada MotoGP Thailand yang berlangsung di sirkuit Chang International, Minggu (6/10/2019), Rossi hanya mampu finis di posisi ke-8. Dia bahkan kesulitan untuk mengejar posisi empat yang pernah diraihnya tiga kali beruntun.

Dia tertinggal sekitar 19 detik dari Marc Marquez yang jadi juara MotoGP Thailand, serta Fabio Quartararo yang berada di posisi kedua.

Rossi saat ini berada di posisi keenam klasemen MotoGP. Dia baru mengoleksi 145 poin dari 15 seri balapan yang sudah dilalui. The Doctor hanya unggul 2 poin dari Quartararo, wonderkid MotoGP yang berada di posisi ke-7.

Menilik hasil musim ini, Rossi sepertinya bakal kembali menjalani musim terburuk di MotoGP. Apa yang terjadi musim ini boleh jadi bisa sama atau lebih buruk dari yang ditorehnya pada 2017 lalu dimana dia finis di posisi kelima klasemen sementara.

Inikah tanda-tanda Rossi bakal segera berhenti balapan?

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

2 dari 3 halaman

Calon Penggantinya

Pembalap tim Petronas Yamaha, Fabio Quartararo.
Pembalap tim Petronas Yamaha, Fabio Quartararo, berhasil meraih pole position MotoGP Thailand, Minggu (6/10/2019). (AFP/Lillian Suwanrumpha)

Kontrak Rossi dengan Yamaha berakhir pada 2020 nanti. Hingga saat ini belum ada pembicaraan soal kemungkinan untuk memperpanjang kontrak ini.

Rossi pun sepertinya sudah sadar tak akan lama lagi di Yamaha. Dia juga mengisyaratkan siapa yang bakal jadi penggantinya: Fabio Quartararo, pembalap muda yang sudah mencengangkan dunia.

Sinyal itu sudah dilemparkan Rossi saat ditanyai komentarnya soal peran Quatararo untuk Yamaha di masa depan.

"Ya dia akan berperan penting. Saya sudah duga dia akan sangat cepat karena dia sudah begitu sejak muda. Tapi tak ada yang menduganya seperti sekarang," ujar Rossi.

"Dia sudah melakukan hal spesial dan hebat. Saya pikir pada 2021, semua tim akan mencoba boyong Quartararo. Dan tentu saja, Yamaha juga akan menginginkan Quartararo."

3 dari 3 halaman

Perbaiki Hasil

Rossi mengaku belum pasrah dengan hasil buruk yang diraihnya hinga seri ke-15 MotoGP. Dia akan berjuang terus di sisa empat seri.

"Kami akan mencoba sesuatu nanti di Jepang, agar bisa lebih kompetitif hingga akhir musim," ujar Rossi.

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Pakai Alat Ini, Lari Bisa 10 Persen Lebih Cepat