Sukses

Jersey dan Medali Borobudur Marathon 2019 Diperkenalkan

Sebanyak 350 pelarih dari berbagai komunitas meramaikan acara peluncuran jersey dan medali Borobudur Marathon 2019, Minggu (6/10/2019).

Liputan6.com, Magelang - Yayasan Borobudur Marathon dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kembali menyelenggarakan peluncuran jersey dan medali sebagai bagian dari rangkaian acara Borobudur Marathon 2019 Powered by Bank Jateng. Borobudur Marathon akan digelar 17 November 2019.

Melalui tema Synergy and Harmony, Borobudur Marathon 2019 ingin mengajak seluruh pihak yang terlibat, yaitu sponsor, penyelenggara, peserta, serta masyarakat lokal untuk bersinergi dalam menciptakan keselarasan demi meningkatkan nilai pariwisata dan ekonomi Provinsi Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Magelang.

Acara yang diselenggarakan di Plataran Heritage Borobudur Hotel & Convention Center, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (6/10/2019), ini mengundang 350 pelari dari berbagai komunitas di Provinsi Jawa Tengah dan sekitarnya. Mereka berlari sejauh 4,16 kilometer.

"Pada tahun ini, Bank Jateng bersama Borobudur Marathon membangun Pawone Borobudur Marathon, yaitu program pengembangan UKM yang bertujuan membantu masyarakat dalam memaksimalkan potensi ekonomi lokal dan nilai jual produk lokal," kata Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno dalam sambutannya.

Acara dilanjutkan dengan peluncuran jersey dan medali Borobudur Marathon 2019. Desain jersey tahun ini cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Filosofi desain logo Borobudur Marathon 2019 adalah memberikan kesan yang lebih dewasa, seiring dengan bertambah matangnya Borobudur Marathon sebagai sebuah rangkaian acara lomba lari.

Kemudian, konsep ini direalisasikan dengan menonjolkan bentuk-bentuk minimalis, huruf-huruf yang tajam, dan warna-warna polos, tanpa adanya elemen-elemen dekoratif seperti tahun sebelumnya. Melalui elemen-elemen ini sebagai kerangka acuan desain, terbentuklah sebuah jersey dengan penampilan yang tidak rumit, tetapi tetap memberikan identitas Borobudur Marathon yang mudah dikenal.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Medali

Selain peluncuran jersey, medali Borobudur Marathon 2019 juga diluncurkan. Selaras dengan jersey, desain medali Borobudur Marathon 2019 terinspirasi kontur batuan yang menyusun Candi Borobudur dan dipadukan dengan grafik ikonis Borobudur Marathon, yaitu siluet tampak atas Candi Borobudur.

Melalui medali ini, Borobudur Marathon 2019 juga ingin bercerita. Ajang ini memiliki filosofi seperti Candi Borobudur yang tersusun dari ribuan batuan kokoh saling mendukung satu sama lain sehingga menghasilkan bangunan candi kuat dan megah.

Cerita tersebut merupakan sebuah simbol bahwa kesuksesan Borobudur Marathon 2019 dapat tercipta karena kolaborasi yang kokoh dari seluruh pihak, tanpa terkecuali. Sekecil apapun kontribusinya sangat berarti bagi keberlangsungan acara ini sebagai salah satu sport tourism destination yang berkelanjutan.

 

3 dari 3 halaman

Pawone Borobudur

Bank Jateng bersama Borobudur Marathon 2019 membangun Pawone Borobudur Marathon. Program ini merupakan sebuah wujud nyata sinergi serta harmoni antara pelari, warga masyarakat, dan seluruh orang yang terlibat agar berlari tidak sekadar melintasi.

Borobudur Marathon tidak hanya menjadi sebuah sport tourism destination, tetapi juga harus menjadi penggerak ekosistem sosial progresif yang menyatukan semua orang, terutama masyarakat lokal agar tercipta pengalaman tidak terlupakan bagi siapa pun yang datang pada acara Borobudur Marathon 2019.

Pawone Borobudur Marathon 2019 dibagi menjadi tiga program besar, yaitu Mbangun Cerita, Mbangun Pasar, dan Mbangun Wisata. Mbangun Cerita merupakan wadah bertukar cerita antara warga masyarakat di sekitar Candi Borobudur dan penyelenggara Borobudur Marathon 2019.

Mbangun Pasar merupakan proses membangun Pasar Harmoni. Sebuah pasar hasil karya warga lokal di sekitar Candi Borobudur yang menyajikan makanan dan minuman khas Kabupaten Magelang. Mbangun Wisata adalah rangkaian program pelatihan dan pengembangan terhadap para pelaku pariwisata di kawasan Candi Borobudur yang memiliki misi membantu mengembangkan ekosistem pariwisata dengan khazanah lokal dan berdaya saing internasional.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.