Sukses

4 Manfaat Main Bola untuk Pria dan Wanita

Simak berikut ini empat manfaat penting bermain sepak bola untuk pria dan wanita.

Jakarta - Tak dimungkiri, sepak bola cabang olahraga yang paling digemari. Tak hanya enak ditonton, banyak yang terlibat langsung memainkan olahraga si kulit bundar ini.

Sepak bola tak hanya baik untuk kaum pria, tetapi juga bermanfaat juga bagi wanita. Hasil penelitian pada 2010 di Denmark membuktikan wanita yang bermain sepak bola selama 14 minggu kesehatan cardio-nya meningkat 15 persen.

Faktanya, kompetisi untuk para wanita juga digelar di berbagai belahan dunia dan beragam level. Di Indonesia juga baru-baru ini berencana menggelar Liga 1 Putri.

Sepak bola memiliki sederet manfaat untuk kesehatan. Hampir semua kalangan menyukai sepak bola. Olahraga ini bisa dimainkan oleh segala usia, dari anak-anak hingga orang tua.

Sepak bola merupakan olahraga yang dimainkan dua tim dengan masing-masing menurunkan sebelas pemain. Kesebelasan yang mampu mencetak gol lebih banyak, maka akan menjadi pemenang. 

Contohnya, bintang sepak bola dunia seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Mereka memiliki tubuh yang bugar berkat menekuni sepak bola dan disertai latihan rutin. Kehebatan keduanya saat mengolah si kulit bundar membuat mereka menjadi idola banyak orang, termasuk anak-anak.

Berdasarkan penelitian University of Copenhagen, mereka membagi 27 pria antara usia 63 hingga 70 tahun ke dalam beberapa kelompok. Kelompok pertama berlatih sepak bola, kelompok kedua hanya melakukan latihan kekuatan dua kali seminggu selama satu jam, serta kelompok ketiga tetap tidak aktif untuk tujuan kontrol.

Hasilnya menunjukkan pemain sepak bola membuat peningkatan 30 persen dalam fungsi otot, dan kapasitas asupan oksigen meningkat 15 persen. Terlebih, mereka juga mendapatkan perbaikan dalam mineralisasi tulang, hal ini menekankan pentingnya kesehatan tulang pada orang tua.

Berikut manfaat bermain sepak bola untuk segala usia.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Manfaat Bermain Sepak Bola: Menjaga Kesehatan Jantung

Para bintang lapangan hijau akan bergerak ke depan dan ke belakang lapangan saat pertandingan. Mereka berjalan, jogging dan berlari dengan penuh selama 90 menit.

Hal itu tentunya akan membantu para pesepak bola mengendalikan detak jantung, dan melakukan latihan kardiovaskular.

Latihan cardio bertujuan membantu pemain menjaga kesehatan jantungnya, menghindari plak yang ada di arteri, mengurangi tekanan darah, hingga membakar kalori. Tak hanya pemain, bahkan kiper juga melakukan latihan cardio dengan bergerak di area gawang.

 

3 dari 5 halaman

2. Manfaat Bermain Sepak Bola: Menurunkan Berat Badan

Olahraga sepak bola bisa menjadi jalan keluar bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Menurut penelitian dari Harvard School of Public Health, bermain sepak bola dapat mencegah seseorang dari obesitas.

Cabang olahraga satu ini bisa membakar kalori dan lemak dalam tubuh dengan cukup efektif karena mampu menguras keringat selama kurang lebih 90 menit.

Karena lemak diperas menjadi otot. Lihat saja para pemain sepak bola, mereka memiliki tubuh dengan otot yang kuat di segala sisi, termasuk betis dan perut.

 

4 dari 5 halaman

3. Manfaat Bermain Sepak Bola: Membangun Karakter Tanggung Jawab

Sepak bola bukanlah olahraga yang menekankan keahlian individu, tetapi juga kerja sama tim secara keseluruhan. Bermain sepak bola dapat melatih karakter setiap pemain untuk lebih bertanggung jawab.

Namun, sepak bola punya cara tersendiri untuk mengembangkan kepribadian para pemainnya. Olahraga ini lebih mendorong kerja sama tim dan komunikasi antarpemain.

Hal itulah yang membuat para pesepak bola memahami kepribadiannya dan menghubungkannya dengan kesuksesan tim, ketimbang berpikir untuk mengungguli teman setim.

 

5 dari 5 halaman

4. Manfaat Bermain Sepak Bola: Membangun Kekuatan Otot

Bermain sepak bola secara rutin mampu membangun kekuatan otot-otot kaki, paha, perut, dan dada.

Saat mencoba untuk membangun otot dengan cara bermain sepak bola, Anda akan merasakan manfaat lainnya seperti peningkatan daya tahan tubuh, alias tidak akan mudah lesu atau lelah.

Membangun dan membentuk otot merupakan salah satu cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Selain itu juga dapat membantu meningkatkan kinerja atletik. Dengan otot yang lebih kuat, hal ini akan membantu mengurangi risiko cedera.

Disadur dari Bola.com(Novie Rachmayanti/Yus Mei Sawitri, Published 03-10-2019)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.