Sukses

Lionel Messi Menyalahkan Tur Pramusim atas Start Lambat Barcelona

Barcelona mengawali musim ini dengan kekalahan 0-1 dari Athletic Bilbao. Pasukan Ernesto Valverde sudah menelan dua kekalahan di Liga Spanyol.

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona memulai musim 2019-2020 dengan buruk. Blaugrana secara mengejurkan kalah 0-1 dari Athletic Bilbao pada laga pembuka Liga Spanyol di San Mamés Barria, 17 Agustus lalu.

Barcelona kemudian bangkit dengan mengalahkan Real Betis 5-2. Tapi, di laga berikutnya pasukan Ernesto Valverde ditahan imbang Osasuna 2-2 sebelum kembali menang 5-2 atas Valencia.

Barcelona kemudian bertandang ke markas Borussia Dortmund untuk menjalani matchday pertama Grup F Liga Champions. Laga yang berlangsung di Signal Iduna Park, 18 September, itu berakhir 0-0. Bintang Barelona Lionel Messi yang sudah pulih dari cedera otot betis kembali bermain meski hanya di babak kedua.

Kembali ke Liga Spanyol, Barcelona secara mengejutkan takluk 0-2 dari Granada. Setelah itu, Barcelona bangkit dan menang tipis 2-1 atas Villareal. Di laga ini, Messi kembali mengalami cedera.

Kemenangan Barcelona berlanjut, yakni 2-0 atas Getafe. Kamis (3/10/2019) dini hari WIB, Blaugrana menang 2-1 atas Inter Milan pada matchday kedua Grup F Liga Champions. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berdampak Negatif

Lionel Messi menyebut tur pramusim yang dilakukan Barcelona ke Jepang dan Amerika Serikat pada musim panas lalu telah berdampak pada penampilan tim. Sekadar mengingatkan, Barcelona melakukan perjalanan untuk menghadapi Chelsea serta Vissel Kobe dalam laga pramusim pada Juli lalu.

Kembali ke Spanyol, Barcelona menghadapi Arsenal pada ajang Joan Gamper Trophy. Setelah itu, raksasa Catalan kemudian melakukan perjalanan jauh ke Miami dan Michigan, di mana mereka menghadapi Napoli dua kali.

Tim memulai kampanye La Liga baru mereka enam hari kemudian dengan kekalahan mengejutkan dari Athletic Bilbao dan ditahan imbang oleh Osasuna yang baru dipromosikan, setelah menang 5-2 atas Real Betis. Sejak saat itu mereka memenangkan pertandingan melawan Valencia, Villarreal dan Getafe tetapi mengalami kekalahan lain di tangan Granada.

"Kami berada di jalan itu, kami tahu bahwa kami berada dalam masa yang sulit. Tapi, di Eropa semua yang hebat mengalami kesulitan memulai musim," kata Messi kepada beIN Sports.

 

3 dari 3 halaman

Bukan Kritik

"Karena pramusim kami merasa berat, dengan perjalanan pr-musim, Anda tidak berlatih dengan baik. Saya tidak mengatakan itu sebagai kritik, ini kenyataan," tambah Messi.

"Dapat dimengerti bahwa klub melakukan permainan ini, semua [klub] hebat melakukannya dan itu perlu. Sedikit demi sedikit kita akan beradaptasi dengan kompetisi," Messi menandaskan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.