Arema FC Sukses Kalahkan 10 Pemain PSM Makassar

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 02 Okt 2019, 20:31 WIB
Diperbarui 04 Okt 2019, 07:15 WIB
Arema FC Vs PSM Makassar

Jakarta Arema FC berhasil raih poin penuh saat menjamu PSM Makassar dalam laga pekan ke-22 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Rabu (2/10/2019). Arema FC menang 2-0 di depan ribuan Aremania.

Arema FC dan PSM Makassar sempat harus bertanding di bawah guyuran hujan yang lebat pada awal pertandingan. Namun, kondisi tersebut tidak lantas mengendurkan semangat para pemain dari kedua tim.

PSM menggempur pertahanan Arema pada saat laga baru berjalan dua menit. Rizky Pellu dan Raphael Maitimo memberikan ancaman yang membuat Kurniawan Kartika Ajie harus jatuh bangun mempertahankan gawangnya dari kebobolan.

PSM mampu memperlihatkan dominasi yang lebih baik dalam laga ini. Bahkan Raphael Maitimo sempat melepaskan tembakan keras yang mengancam gawang Arema pada menit ke-26. Beruntung, Kurniawan Kartika Ajie masih mampu menepis bola dengan jari-jarinya.

Arema bukan tanpa tekanan. Sejumlah upaya dilakukan oleh Singo Edan untuk memecah kebuntuan. Namun, harus diakui dalam pertandingan ini, kedua penjaga gawang, baik Kurniawan Kartika Ajie maupun Hilmansyah mampu bermain baik untuk mengawal gawangnya masing-masing.

Begitu menarik pertandingan di antara kedua tim, tapi tak ada satu pun gol yang tercipta dalam 45 menit pertama. Arema FC dan PSM harus puas dengan kedudukan imbang tanpa gol di babak pertama.

 

2 dari 3 halaman

PSM Kehilangan Pemain, Arema Langsung Menggebrak

PSM harus bermain dengan 10 pemain pada menit ke-53 setelah Hasyim Kipuw menerima kartu kuning kedua dari wasit Thoriq Alkatiri. Pelanggaran kerasnya terhadap Rivaldy Bawuo membuat wasit tak ragu menarik kartu kuning untuk kedua kalinya bagi Kipuw.

Keunggulan jumlah pemain berhasil dimanfaatkan oleh Arema FC. Pada menit ke-64, Sylvano Comvalius berhasil memecahkan kebuntuan dan membawa tim tuan rumah unggul 1-0.

Berawal dari tendangan bebas yang dilepaskan Makan Konate dan dihalau pertahanan PSM, Dedik Setiawan menanduk bola dan mengarahkanya kepada Sylvano Comvalius yang berada di depan gawang PSM. Striker asal Belanda itu pun menanduk bola dan mengoyak jala gawang PSM.

Arema berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-72 lewat pemain pengganti yang baru masuk, Muhammad Rafli. Pemain yang baru saja masuk menggantikan Dedik Setiawan langsung mendapatkan umpan panjang dan mengontrol bola dengan pahanya sebagai sentuhan pertama di lapangan yang diteruskan dengan tembakan kaki kiri yang tak mampu dihalau Hilmansyah.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Arema (4-3-3): Kurniawan Kartika Ajie (kiper); Hamka Hamzah, Alfin Tuasalamony, Ikhfanul Alam, Hendro Siswanto (belakang); Makan Konate, Ridwan Tawainella, Agi Munawar (tengah); Rivaldy Bawuo, Dedik Setiawan, Sylvano Comvalius (depan)

Pelatih: Milomir Seslija

PSM (4-3-3): Hilmansyah (kiper); Beny Wahyudi, Munhar, Aaron Evans, Hasyim Kipuw (belakang); Raphael Maitimo, Rizky Pellu, Marc Klok (tengah); Muhammad Arfan, Rahmat, Ezra Walian (depan)

Pelatih: Darije Kalezic

 

Sumber: Bola.com

Disadur dari Bola.com (Penulis Benediktus Gerendo Pradigdo / Editor Wiwig Prayugi, Published 02/10/2019)

Lanjutkan Membaca ↓