4 Pemain Kunci Barcelona Ini Mulai Dimakan Usia

Oleh Windi.Wicaksono pada 02 Okt 2019, 13:00 WIB

Diperbarui 03 Okt 2019, 15:15 WIB

Luis Suarez

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona tampil kurang meyakinkan dalam mengawali musim kompetisi 2019-2020. Dari enam pertandingan La Liga yang telah dilakoni, Blaugrana sudah dua kali kalah.

Tim asuhan Ernesto Valverde ini menempati posisi keempat di klasemen La Liga. Padahal, Barcelona berstatus sebagai juara bertahan kompetisi teratas sepak bola Spanyol tersebut.

Performa Barcelona juga dinilai tidak mengesankan. Tidak lagi tampak permainan menghibur lewat umpan-umpan pendek cepat yang bisa diperlihatkan Blaugrana.

Kondisi ini tak lain disebabkan karena beberapa pilar utama Barcelona sudah mulai dimakan usia. Itu terbukti dengan kian rentannya para pemain tersebut terhadap masalah cedera.

Bukan rahasia lagi bahwa tulang punggung klub asal Katalan itu mulai menginjak usia di atas 30 tahun. Performa mereka pun dianggap menurun karena telah melewati masa keemasan. Berikut daftar 4 pemain utama yang paling tua di skuat Barcelona.

2 of 5

4. Arturo Vidal (32 Tahun)

Barcelona Vs Getafe
Gelandang Barcelona, Arturo Vidal. (AP)

Arturo Vidal bergabung dengan Barcelona pada tahun 2018. Ia ditebus dengan biaya sebesar 18 juta euro dari Bayern Munchen.

Pada musim pertamanya di Camp Nou, Vidal mampu meraih kesuksesan. Ia berhasil mengantarkan klub memenangkan La Liga dan Supercopa de Espana.

Gelandang asal Chile itu sudah dimainkan empat kali di La Liga musim ini. Dari sekian kesempatan tersebut, Vidal berhasil mencetak satu gol.

3 of 5

3. Gerard Pique (32 Tahun)

Dua Gol Bunuh Diri Bawa Barcelona Taklukan AS Roma
Bek Barcelona, Gerard Pique. (AP Photo / Manu Fernandez)

Gerard Pique saat ini sudah berusia 32 tahun. Meskipun begitu, bek asal Spanyol itu masih menjadi andalan di lini belakang Barcelona.

Mantan pemain Manchester United itu sudah bermain dalam delapan laga di semua kompetisi musim ini. Dari sekian kesempatan itu, Pique mampu menyumbang satu gol.

Sebagai salah satu pemain senior di skuat Barca, Pique merupakan panutan. Banyak pemain muda yang menjadikan Pique sebagai referensi untuk mengembangkan permainannya.

4 of 5

2. Luis Suarez (32 Tahun)

Barcelona Vs Valencia
Striker Barcelona, Luis Suarez. (AP/Joan Monfort)

Luis Suarez merupakan striker utama Barcelona saat ini. Ia merupakan andalan di lini depan Blaugrana untuk mencetak gol.

Namun, mulai banyak yang mengeluhkan performa Suarez belakangan ini. Bomber asal Uruguay itu tampak kehilangan ketajaman di depan gawang lawan.

Sejauh ini Suarez baru mencetak tiga gol dari lima pertandingan di La Liga. Mengingat usianya sudah menginjak 32 tahun, bukan tidak mungkin dirinya akan digantikan pemain lain pada musim depan.

5 of 5

1. Lionel Messi (32 Tahun)

Lionel Messi merupakan bintang utama Barcelona. Ia sudah menghabiskan seluruh kariernya sejauh ini di Camp Nou.

Meski sudah menginjak usia 32 tahun, Messi masih bisa tampil hebat. Ia mampu mencetak 51 gol dan membuat 22 assist di semua kompetisi pada musim lalu.

Namun, bintang Argentina itu mengalami permasalahan terkait kebugarannya pada musim ini. Messi sejauh ini baru bermain tiga kali untuk Barcelona.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓