3 Rival Lionel Messi pada Persaingan Ballon d’Or 2019

Oleh Ario Yosia pada 01 Okt 2019, 21:10 WIB
Barcelona Menang Tipis Atas Villarreal di Camp Nou

Jakarta - Lionel Messi keluar sebagai pemenang penghargaan pemain terbaik FIFA 2019. Pada pengumuman 23 September lalu, dia menyisihkan Virgil van Dijk dan Cristiano Ronaldo.

Dalam beberapa waktu yang akan datang, penghargaan pemain terbaik versi Ballon d’Or akan segera digelar. Ballon d’Or adalah penghargaan untuk pemain terbaik yang diselenggarakan oleh France Football.

Posisi Lionel Messi untuk memenangkan penghargaan tersebut belum aman. Dia mendapatkan pesaing yang cukup kuat dari beberapa pemain top Eropa saat ini.

Berikut tiga nama yang digadang-gadang mampu menyingkirkan Lionel Messi sebagai pemain terbaik dunia versi Ballon d’Or yang disadur dari Sportskeeda:

2 of 4

Mohamed Salah

Napoli Vs Liverpool
Penyerang Liverpool, Mohamed Salah, tampak kecewa usai gagal membobol gawang Napoli pada laga Liga Champions di Stadion San Paolo, Selasa (17/9/2019). Napoli menang 2-0 atas Liverpool. (AP/Gregorio Borgia)

Mohamed Salah adalah satu-satunya perwakilan dari Afrika yang dinilai layak mendapatkan gelar pemain terbaik dunia versi Ballon d’Or. Bomber Mesir tersebut telah membantu Liverpool meraih gelar Liga Champions musim.

Performa apik yang ditunjukan Salah mampu membuat dirinya masuk ke jajaran pemain top dunia. Memiliki kemampuan menggiring bola yang bagus serta tajam dalam melakukan tendangan jarak jauh menjadi salah satu kemampuan yang dimiliki bomber Liverpool tersebut.

Musim ini, Salah telah mencetak lima gol serta dua assist. Raihan yang telah dicapai sejauh ini bisa menjadi modal Salah untuk meraih gelar Ballon d’Or tahun ini.

3 of 4

Cristiano Ronaldo

Juventus Vs SPAL
Striker Juventus, Cristiano Ronaldo, melakukan selebrasi usai membobol gawang SPAL pada laga Serie A di Stadion Allianz, Sabtu (28/9). Juventus menang 2-0 atas SPAL. (AP/Alessandro Di Marco)

Usia bukan penghalang bagi Cristiano Ronaldo untuk berprestasi, baik di klub maupun timnas. Musim lalu, Ronaldo telah memberikan satu gelar Serie A bagi Juventus dan satu gelar UEFA Nations League bagi timnas Portugal.

Musim lalu, Ronaldo telah mencetak 43 gol dari 28 penampilannya di semua kompetisi bersama Si Nyonya Tua. Sedangkan di musim ini, bomber Portugal tersebut sudah menorehkan 3 gol dari 6 laga yang telah dilakoni di seluruh kompetisi.

Kemampuannya dalam menggiring bola serta sepakan mematikan menjadi keahlian bagi pemain berusia 34 tahun tersebut. Dari segala pencapaian yang telah ditorehkan, Ronaldo layak disejajarkan dengan Lionel Messi dalam perebutan gelar pemain terbaik Ballon d’Or tahun ini.

4 of 4

Virgil van Dijk

Sadio Mane - Liverpool
Penyerang Liverpool Sadio Mane bersama Virgil van Dijk dan Fabinho merayakan golnya ke gawang Newcastle United pada pekan kelima Liga Inggris di Anfield, Sabtu (14/9/2019).(AP Photo/Rui Vieira)

Sama dengan Salah, van Dijk telah membantu Liverpool kembali merebut gelar Liga Champions setelah tiga musim berturut-turut dipegang Real Madrid. Bek Belanda tersebut merupakan pemain yang Tangguh, terutama dalam menjaga pertahanan tim yang dibelanya. Kokoh dalam bertahan serta kerap melakukan tekel-tekel bersih menjadi keahlian dari eks pemain Southampton tersebut.

Selain berprestasi bersama Liverpool, van Dijk juga membawa timnas Belanda melangkah hingga fase akhir UEFA Nations League. Dengan raihannya setahun ini, layak bagi van Dijk untuk merebut gelar pemain terbaik Ballon D’Or tahun ini. (Tegar Juel)

 

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Ario Yosia/Editor: Ario Yosia, published 1/10/2019)

Lanjutkan Membaca ↓