MotoGP: Faktor Pembeda Marquez dengan Pembalap Honda Lain

Oleh Yus Mei Sawitri pada 30 Sep 2019, 02:00 WIB
Diperbarui 30 Sep 2019, 02:15 WIB
Marc Marquez

Madrid - Marc Marquez tampil superior dibanding pembalap Honda lainnya musim ini. Menurut legenda MotoGP, Mick Doohan, Marquez memang memiliki faktor pembeda dengan rekan-rekannya. 

Superiorotas Marc Marquez bisa dilihat dari posisinya di puncak klasemen MotoGP 2019 yang tak tergoyahkan. Baby Alien sudah unggul 98 poin atas peringkat kedua, Andrea Dovizioso. Pembalap Repsol Honda tersebut bahkan punya kesempatan menyegel titel juara dunia pada balapan berikutnya, di MotoGP Thailand, pekan depan. 

Pencapaian Marquez jauh mengungguli rekan setimnya, Jorge Lorenzo. Mantan pembalap Yamaha dan Ducati itu tercecer di posisi ke-19 dengan raihan 23 poin. 

Adapun dua pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow dan Takaaki Nakagami, masing-masing menempati peringkat 9 dan 12. Crutchlow mengoleksi 98 poin, sedangkan Nakagami memiliki 68 poin. 

Apa yang menbedakan Marquez dengan tiga pembalap Honda lainnya itu? 

"Marc pembalap yang agresif, tapi dengan cara yang konyol," kata Doohan tentang karakter Marc Marquez, seperti dilansir Speedweeek, Minggu (29/9/2019).

"Di sisi lain Jorge Lorenzo ingin motor yang halus,  seperti Yamaha. Cal Crutchlow sedikit terlalu agresif," imbuh Doohan tentang rekan-rekan Marc Marquez di MotoGP

 

 

2 dari 2 halaman

Di Ambang Juara Dunia

Repsol Honda, Marc Marquez - Jorge Lorenzo
Dua pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (kiri) dan Jorge Lorenzo (kanan), diperkenalkan sebagai pembalap untuk MotoGP 2019 di Madrid, Rabu (23/1/2019). (AFP/Pierre-Philippe Marcou)

Jika berhasil menyabet gelar juara dunia pada musim ini, Marc Marquez akan melampui koleksi titel Doohan di kelas premier. Saat ini, kedua pembalap sama-sama mengantongi lima gelar juara dunia di kelas premier. 

Jalan Marquez menuju gelar juara dunia hampir mustahil dibendun. Dia hanya perlu meraih dua poin lebih banyak daripada Dovizioso di MotoGP Thailand untuk jadi juara dunia. 

Saat ini, Marquez sudah mengantongi tujuh gelar juara dunia di berbagai ajang. Jika kembali juara, dia akan mengantongi delapan titel atau tinggal selangkah lagi menyamai raihan Valentino Rossi. The Doctor, julukan Rossi, saat ini mengantongi sembilan gelar juara dunia. 

Sumber: Speedweek

Disadur dari Bola.com (Yus Mei Sawitri / Aditya Wicaksono)

Lanjutkan Membaca ↓